Saling Berbagi

Sale – Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Kebonharjo, hari Sabtu menyalurkan dana subsidi silang bagi Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) yang berada di luar kawasan hutan produktif.

LMDH seperti ini tetap harus diperhatikan, agar keberadaan mereka bisa menjadi kemitraan yang baik dengan Perhutani, dalam menjalankan sejumlah program.
Humas KPH Kebonharjo, Djono menerangkan sedikitnya ada 46 LMDH menerima subsidi silang, masing masing sebesar Rp 300 ribu. Penyerahan secara simbolis berlangsung di Gedung Kesambi KPH Kebonharjo.

Dana tersebut diambilkan 2 % dari total dana bagi hasil penebangan pohon di hutan produktif tahun 2011, sebesar hampir Rp 760 juta.
Ia berharap melalui sistem subsidi silang, semua LMDH dibawah KPH Kebonharjo tidak akan hilang begitu saja.

Tarmuji, Ketua LMDH Darma Wana Raharja desa Wonokerto Kec. Sale mengaku sangat mendukung kebijakan subsidi silang.
Alasannya sekarang hanya ada 15 LMDH yang memperoleh dana bagi hasil, karena masih ikut terlibat langsung dalam pengamanan hutan, sedangkan LMDH lain minim pendapatan. Paling tidak cara semacam itu bisa menjadi ajang untuk saling berbagi dan meningkatkan kekompakan sesama masyarakat pinggiran hutan.

Tarmuji menambahkan LMDH desa Wonokerto termasuk paling tinggi menerima dana sharing, yakni Rp 300 juta lebih. Sebagian besar untuk membantu meningkatkan roda pembangunan desa.

Ket. Foto : kegiatan penebangan pohon di hutan produktif wilayah KPH Kebonharjo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>