Flash News
No posts found

Krisis, Menunggu Pilihan Serentak

Isa Anshori, Ketua I Paguyuban Guru Pendawa.

Isa Anshori, Ketua I Paguyuban Guru Pendawa.

Rembang – Paguyuban kepala desa se kabupaten Rembang yang tergabung dalam Guyup Rukun Petinggi Dampo Awang (Guru Pendawa) saat ini mengalami krisis kepemimpinan.

Krisis tersebut berawal ketika Ketua Guru Pendawa yang juga Kades Dresi Kulon Kec. Kaliori, Hadi Susanto meninggal dunia, karena sakit. Posisinya kemudian digantikan oleh Wasiman, kepala desa Kaliombo Kec. Sulang. Tapi belum tuntas masa jabatannya menjadi ketua paguyuban selama tiga tahun, Wasiman mundur, karena maju dalam pencalonan legislatif melalui partai kebangkitan bangsa (PKB).

Praktis sekarang, tugas tugas paguyuban ditangani sementara oleh Ketua I Isa Anshori (Kades Tlogomojo Kec. Rembang Kota), bergantian dengan Ketua II Andi Suviran (Kades Pamotan) dan Ketua III Dimyati (Kades Manggar Kec. Sluke).

Isa Anshori mengakui kondisi tersebut memang membuat roda organisasi agak vakum. Tapi pihaknya dalam waktu dekat akan mengundang kepala desa guna membahas persoalan tersebut, sekaligus untuk ajang halal bihalal.

Isa Anshori menganggap paguyuban penting sebagai wadah menampung usulan dari kepala desa, mempercepat penyebarluasan informasi program pemerintah, menjembatani kepentingan desa dengan Pemkab dan setidaknya bisa saling mengingatkan, sehingga menekan angka pelanggaran pidana yang melibatkan kepala desa.

Soal pemilihan ketua paguyuban baru, menurut Isa sebaiknya dipilih kalau Pilkades serentak di kabupaten Rembang selesai.

Ia sendiri sudah dua kali menjabat sebagai kepala desa, tentu tak bisa maju mencalonkan diri lagi. Masa jabatan berakhir per tanggal 12 September 2013, bersama dengan 240 an kepala desa lain. Harapannya kelak paguyuban dipimpin tokoh tokoh muda yang tegas, aktif dan berkompeten.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *