Flash News
No posts found

Kalau Ditertibkan, Atribut Ini Selamat

Sebuah spanduk Caleg terpasang di pinggir jalur Pantura Rembang.

Sebuah spanduk Caleg terpasang di pinggir jalur Pantura Rembang.

Atribut Caleg ini terpasang di dekat Terminal Rembang. Berupa kalimat tanya, tanpa ada unsur kampanye.

Atribut Caleg ini terpasang di dekat Terminal Rembang. Berupa kalimat tanya, tanpa ada unsur kampanye.

Rembang – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Rembang merasa gerah, karena pada Hari Raya Idul Fitri ini semakin marak spanduk maupun atribut calon legislatif yang mengucapkan selamat lebaran. Mayoritas atribut tersebut tidak berizin alias liar.

Ketua Panwaslu Kab. Rembang, Mukhlis Ridho menjelaskan pihaknya baru saja menerima surat dari Badan Pengawas Pemilu bahwa sebelum Caleg ditetapkan menjadi daftar caleg tetap (DCT) tanggal 26 Agustus 2013, maka yang berhak kampanye hanya partai politik. Artinya gambar calon legislatif dilarang, apalagi sekarang ini sudah terang terangan mencantumkan nomor urut dan daerah pemilihan.

Lalu bagaimana dengan baliho berukuran raksasa di tengah jalur Pantura, dekat Terminal Rembang, terpampang foto seorang pria bertuliskan Sopo Leh Iki (siapa ini) ? Dalam baliho tersebut tidak mencantumkan nomor urut maupun unsur kampanye lainnya. Selama sudah mengantongi izin pemasangan dari Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah (DPPKAD) Kab. Rembang, maka baliho tidak akan ditertibkan. Hanya saja Panwaslu memang sudah tahu bahwa foto itu adalah J. Dwihartanto, Caleg DPR RI nomor urut empat daerah pemilihan Jateng III (Kab. Rembang, Pati, Grobogan dan Blora) dari Partai Golkar.

Hari Selasa (13 Agustus 2013), Panwaslu kabupaten Rembang menggelar rapat pleno, guna membahas banyaknya atribut Caleg yang mengucapkan selamat berlebaran. Panwaslu akan segera berkoordinasi dengan Satpol PP, untuk menertibkan semua atribut, terutama yang pemasangannya melanggar Peraturan Bupati Rembang, seperti berada di jalur Pantura, taman kota, pemasangan dipaku dan melintang di tengah jalan. Targetnya pekan ini akan mulai dibersihkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *