Flash News
No posts found

Si Batang Coklat Resahkan Petani

Petani di desa Japerejo Kec. Pamotan memanen padi.

Petani di desa Japerejo Kec. Pamotan memanen padi.

Rembang – Hama wereng batang coklat menyerang tanaman padi di tiga kecamatan, yakni Pamotan, Sedan dan Kec. Sarang. Dikhawatirkan menurunkan produksi gabah.

Koordinator Pengamat Hama Dinas Pertanian Dan Kehutanan Kab. Rembang, Sri Hartono mencontohkan untuk Pamotan tersebar di desa Pamotan dan Japerejo, kemudian desa Sidorejo dan Sambiroto Kec. Sedan, sedangkan di kecamatan Sarang, hama wereng menyatroni lahan pertanian desa Lodan Wetan dan Bonjor.

Total luas lahan yang terserang mencapai 6 hektar, tetapi yang sudah terdentifikasi terancam hama wereng seluas 130 an hektar.

Sri Hartono menambahkan petani bisa melakukan sejumlah antisipasi, guna mencegah serangan hama wereng batang coklat. Diantaranya dengan menggilir jenis tanaman, seperti padi, kacang, jagung, tembakau atau bahkan tebu. Tapi kalau selalu padi, maka pemilik lahan harus rajin mengawasi. Begitu tahu ada tanda tanda serangan, bisa cepat diatasi.

Lantaran keluhan petani selama ini menyangkut bantuan obat pestisida, Dinas Pertanian Dan Kehutanan Kab. Rembang sering berkoordinasi ke tingkat provinsi Jawa Tengah, supaya jumlah bantuan ditambah.

Ia menegaskan petani sudah menggelar pengendalian secara massal. Harapannya wereng tidak sampai merembet ke lokasi lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *