Flash News
No posts found

“Hibah Kapal, Dimana Dan Siapa Pengelolanya…”

Koordinator Lespem, Bambang Wahyu Widodo keluar dari kantor Dinas Kelautan Dan Perikanan Kab. Rembang, Senin pagi.

Koordinator Lespem, Bambang Wahyu Widodo keluar dari kantor Dinas Kelautan Dan Perikanan Kab. Rembang, Senin pagi.

Rembang – Hibah bantuan kapal dari PT Pelindo III kepada tiga kelompok usaha bersama (KUB) di kabupaten Rembang menuai sorotan. Diduga kuat kapal tidak jelas siapa yang mengelola dan dimana keberadaannya, juga masih simpang siur.

Setelah cukup lama menerima informasi dari nelayan, Bambang Wahyu Widodo, Koordinator Lembaga Studi Pemberdayaan Masyarakat Rembang mendatangi Kantor Dinas Kelautan Dan Perikanan di Jl Pemuda Rembang, Senin pagi (19 Agustus 2013).

Bambang langsung menemui Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan, Suparman. Menurut Bambang, kapal diserahkan kepada kelompok usaha bersama Mina Bahari dan Maju Mandiri di kecamatan Rembang Kota, masing masing berbobot 30 gros ton (GT). Satu kapal lainnya untuk KUB Mina Sejahtera Samudera Sarang, memperoleh kapal lebih besar, berbobot 46 GT. Ketiga kapal diserahkan secara simbolis kepada Bupati Rembang, Moch. Salim di Batang, tanggal 31 Januari 2011 lalu. Lespem memperkirakan nilai setiap kapal antara Rp 1,5 – 2 miliar.

Bambang Wahyu Widodo mempertanyakan dimana kapal itu sekarang dan siapa yang mengelola. Mustinya masih ditangani kelompok usaha bersama (KUB), untuk meningkatkan kesejahteraan kaum nelayan. Ia menduga ada pihak pihak ingin bermain dan menguasai kapal bantuan. Seusai klarifikasi di kantor Dinas Kelautan Dan Perikanan, Bambang kemudian menuju Kantor Kejaksaan Negeri Rembang, untuk melaporkan masalah tersebut.

Pagi itu, Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan, Suparman sebatas menjanjikan akan mengadakan audiensi, dengan menghadirkan penerima bantuan dan Lespem.

Beberapa pengurus kelompok usaha bersama, juga belum bisa dikonfirmasi. Ketika dihubungi melalui telefon selular, nomor mereka tidak aktif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *