Flash News
No posts found

“Joss, Kalau Disambung Dengan Markonah…”

Tumingin dan anaknya mengangkat ubi, hasil temuan di pekarangan rumah.

Tumingin dan anaknya mengangkat ubi, hasil temuan di pekarangan rumah.

Pamotan – Ubi jalar yang ditemukan warga ini tergolong unik. Selain ukurannya sangat panjang, ubi juga berbentuk seperti ular. Masyarakat sekitar yang merasa penasaran, berbondong bondong ingin melihat langsung keanehan ubi tersebut.

Ubi itu milik Tumingin (56 tahun), warga dusun Glanggang desa Pamotan Kec. Pamotan Rembang. Tumingin bercerita semula di lahan pekarangan rumahnya terdapat akar tanaman liar menyembul ke atas. Ia kemudian mengeduk tanah dengan menggunakan cangkul. Ternyata yang ditemukan tidak sembarang ubi. Lantaran cukup panjang, Tumingin langsung memanggil anaknya supaya ikut membantu. Hampir setengah jam menggali, akhirnya ketahuan panjang ubi mencapai 2,1 meter, dengan bobot sekira 10 kilo gram.

Tumingin mengaku baru sekarang melihat ubi sepanjang itu. Apalagi wujudnya mirip ular siap mematok mangsa, sehingga ia memaklumi banyak warga sekitar mendatangi rumahnya.

Keluarga Tumingin enggan memasak ubi untuk dimakan beramai ramai, karena rasanya kurang enak. Ubi dibiarkan saja, sebagai bahan tontonan warga.

Seorang pengamat tanaman, Sukirwan menuturkan ubi yang ditemukan Tumingin termasuk ubi karet. Belakangan muncul sistem baru, yakni menyambung bibit tanaman ubi karet dengan ubi markonah, supaya lebih nikmat dimakan.

Sukirwan, pria yang tinggal di pinggir Jl Raya Rembang – Blora desa Jukung Kec. Bulu ini menambahkan wilayah kabupaten Rembang cukup potensial untuk pengembangan ubi, lantaran penanaman mudah, tak perlu perawatan rutin dan kondisi tanah cocok.

Tidak hanya sekedar menjadi makanan selingan nasi, ubi juga mempunyai nilai ekonomis tinggi, terutama kalau sudah diolah untuk aneka makanan ringan dan cemilan. Masyarakat di pelosok pedesaan perlu mencoba, menyusul kurangnya minat bercocok tanam ubi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *