Flash News
No posts found

Menjadi Jadi, PDAM Lapor Polisi

Meteran air seperti inilah yang belakangan menjadi sasaran empuk pencuri.

Meteran air seperti inilah yang belakangan menjadi sasaran empuk pencuri.

Rembang – Apakah anda termasuk pelanggan perusahaan daerah air minum (PDAM) ? Nah..waspadalah, karena belakangan ini kembali marak pencurian meteran air yang terbuat dari bahan tembaga. Bahkan dalam sebulan terakhir, sudah puluhan meteran amblas, sebagaimana dilaporkan Reporter R2B, Diantoro.

Kepala Bagian Hubungan Pelanggan PDAM Rembang, Rohmat Ipdadi menjelaskan semenjak kasus mencuat sebulan ini, sampai dengan hari Kamis (22 Agustus 2013), pihaknya mencatat sudah ada 33 meteran air yang digasak pencuri. Lokasi pencurian mayoritas berada di kecamatan Rembang Kota. Hanya satu kasus yang terjadi di desa Banyudono Kec. Kaliori. Pencurian biasanya berlangsung pada malam hari, ketika pemilik rumah terlelap tidur. Barulah keesokan harinya diketahui air dari pipa paralon membanjiri pekarangan, gara gara meteran air diambil paksa.

Rohmat Ipdadi menambahkan Kamis siang, PDAM secara resmi melaporkan serangkaian peristiwa ini kepada Polres Rembang. Harapannya polisi saat patroli ke kawasan perumahan, ikut membantu mengawasi, sekaligus menyelidiki pelaku maupun penadah meteran air.

Sebuah meteran harganya Rp 500 ribu, sehingga kalau dikalikan jumlah meteran yang hilang, nilai kerugian mencapai Rp 16,5 juta. Begitu hilang, maka pelanggan harus bertanggung jawab membayar meteran pengganti, sedangkan PDAM sebatas mengerahkan tekhnisi untuk melakukan perbaikan.

Kasus pencurian meteran air PDAM pernah marak tahun 2007 lalu, tetapi tidak sebanyak sekarang ini.

Kapolsek Rembang Kota, AKP Suhaendi Tirta menghimbau pelanggan PDAM lebih peduli mengamankan lingkungan, paling tidak di rumahnya masing masing. Bisa saja penutup meteran dipasangi gembok, untuk menyulitkan pelaku pencuri. Kalau ada petugas pencatat rekening air, tinggal membuka bagian atas penutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *