Flash News
No posts found

Bidik Pabrik Semen, Tak Mau Mangkrak Lagi

Deretan warung hasil bongkaran dari depan GOR, kini didirikan di desa Mantingan Kec. Bulu.

Deretan warung hasil bongkaran dari depan GOR, kini didirikan di desa Mantingan Kec. Bulu.

Bulu – Pihak desa Mantingan Kec. Bulu membidik potensi akan semakin ramainya jalan raya Rembang – Blora, apabila pabrik PT Semen Indonesia di desa Kajar – Pasucen kecamatan Gunem jadi berdiri. Hal ini karena kawasan pertigaan Songkelmereng Bulu, direncanakan sebagai pintu masuk menuju pabrik semen.

Desa Mantingan sebelumnya mendapatkan bekas bangunan di depan gedung olahraga (GOR) Mbesi desa Kedungrejo yang sudah lama menganggur. Hasil pembongkaran bangunan aset Pemkab Rembang itu, kemudian dipindahkan ke pinggir jalan Rembang – Blora, tepatnya sebelah barat desa Mantingan, menurut rencana difungsikan menjadi pasar desa.

Kepala Desa Mantingan Kec. Bulu, Paryadi menjelaskan pada tahap awal, bangunan los tersebut untuk pusat kuliner dan beragam jenis jajanan. Kalau pabrik semen sudah beroperasi, tentu lalu lalang kendaraan bertambah padat. Para sopir yang ingin mencari makan dan beristirahat, akan ditangkap sebagai peluang bisnis.

Paryadi menambahkan los bisa ditempati sekira 20 an orang pedagang. Nanti warga desa Mantingan akan diprioritaskan untuk membuka usaha. Pihaknya tidak ingin bangunan mangkrak lagi, seperti ketika masih di depan GOR. Mulai sekarang pemerintah desa berupaya menggandeng PKK, memberikan pelatihan kepada ibu ibu, seperti ketrampilan bordir, menjahit dan membatik. Begitu mampu mengeluarkan produk sendiri, barang barang kerajinan juga bisa ikut dipasarkan.

Warga antusias menyambut calon pasar itu, karena di kecamatan Bulu sendiri, belum ada pasar yang representatif. Bahkan tidak hanya mengandalkan dana program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM) sebesar Rp 125 juta, tetapi masyarakat juga bersemangat menggalang dana swadaya, terkumpul Rp 85 juta, untuk menyokong terwujudnya pasar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *