Flash News
No posts found

Aksi Penipuan Marak, PNS Teranulir Ingatkan Janji Bupati

Kepala BKD Rembang, Suparmin.

Kepala BKD Rembang, Suparmin.

Rembang – Belakangan sejumlah orang diduga mulai bergerilya menawari para pegawai honorer kategori II, berdalih bisa langsung meloloskan menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Disebut pegawai kategori II, karena gaji mereka diluar anggaran pendapatan belanja daerah APBD dan anggaran pendapatan belanja negara APBN. Tetapi bersumber dari anggaran sekolah.

Seorang pegawai honorer kategori II yang enggan disebutkan namanya mengaku oknum oknum tersebut meminta bayaran sampai puluhan juta rupiah. Ia sendiri tidak percaya rayuan semacam itu. Dirinya termasuk PNS teranulir tahun 2006 silam. Dulu sudah diumumkan lolos menjadi pegawai negeri, tetapi kemudian justru dibatalkan, gara gara sumber gajinya berasal dari sekolah.

Ia masih ingat betul janji Bupati Rembang, Moch Salim di lantai IV Gedung Sekretariat Daerah Rembang, bahwa pengangkatan PNS teranulir akan diprioritaskan, kenyataannya sampai sekarang belum terealisasi. Baginya kalau nanti harus tetap ikut tes, sama seperti pegawai honorer lain, dianggap sebagai perlakuan tidak adil. Apalagi dirinya sudah mengabdi 20 tahun lebih.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Rembang, Suparmin menghimbau pegawai honorer kategori II untuk mewaspadai penipuan. Kalau ada yang menawari bisa langsung lolos, pihaknya menjamin hal itu bohong. Beberapa kali informasi tersebut ia dengar. Nantinya tetap ada tes kemampuan dasar (TKD) maupun tes kemampuan bidang (TKB). Sampai hari Senin (02 September 2013), BKD Rembang belum menerima petunjuk tekhnis dari pemerintah pusat.

Berdasarkan data, jumlah pegawai honorer kategori II di kabupaten Rembang mencapai 539 orang. Paling banyak merupakan guru sekolah dasar, sisanya seperti tenaga administrasi dan ada pula penjaga sekolah. Suparmin menambahkan, karena jumlahnya tergolong banyak, bisa jadi pengangkatan akan dibagi dalam dua tahap, tahun ini dan tahun 2014.

Menurut website Humas Kemeterian Pendayagunaan Aparatur Negara, sampai dengan minggu ke III bulan September 2013, Badan Kepegawaian Nasional akan mengirimkan daftar tenaga honorer ke tingkat provinsi, yang akan diteruskan ke masing masing kabupaten/kota. Selanjutnya instansi terkait akan menetapkan lokasi tes. Pada mingu ke II dan ke III bulan Oktober, disampaikan nomor tes tenaga honorer kategori dua. Baru tanggal 3 November 2013, pelaksanaan tes kemampuan dasar dan tes kemampuan bidang. Untuk pengumuman kelulusan akan dipampang melalui website Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara oleh panitia seleksi nasional. Yang terakhir penetapan nomor induk pegawai, mulai minggu ke III bulan Desember sampai dengan selesai.

2 Komentar

  1. penatajam

    Bukankah anda ini mbahe tukang tipu sejak anda di bkd bersama teguh anak buah anda itu? Puncaknya cpns 2009 untuk ongkos pilkada bupati zalim itu anda adalah tukang catatnya.

  2. sani

    Matane koruptor siji iki is suwung. Ketok yen ana sing diampet. Mesake. Penak sedelok wae rekoso sak lawase urip. Kabehmdyarakat rembang wis podo ngerteni yen parmin dadi ketua bkd mergo hadiah jasane dodolan cpns 2009!! Masyarakat kari nunggu kapan mlebu penjorone. Yen penjoro batin saiki wis kelakon mergo ketok suwung raine. Kari penjoro temenann sing durung. Dadi milyader dadakan donya sak enggon enggon omah akeh koyo ning binangun. Mobil yo akeh tapi uripe dadi suwung ancek ancek penjara!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *