Flash News
No posts found

Kursi KPU Jadi Rebutan, Gajinya ?

Suasana tes tertulis calon anggota KPU Kabupaten Rembang, Senin pagi.

Suasana tes tertulis calon anggota KPU Kabupaten Rembang, Senin pagi.

Seorang peserta berpikir keras mengerjakan soal.

Seorang peserta berpikir keras mengerjakan soal.

Rembang – Ketua Tim Seleksi Calon anggota Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rembang, Mudzakir menyatakan kepalanya menjadi jaminan, bahwa selama seleksi akan berjalan dengan jujur, bersih dari titipan dan uang sogokan.

Penegasan itu ia sampaikan, disela sela kegiatan tes tertulis calon anggota KPU Kabupaten Rembang di gedung pertemuan Hotel Puri Jl Pemuda, hari Senin (02 September 2013).

Mudzakir mengungkapkan semua tahapan akan dijalankan sesuai prosedur. Selain dirinya, ada 4 orang lain yang masuk dalam tim seleksi, sejak awal berkomitmen untuk menjaga independensi dan menolak tekanan dari pihak manapun.

Mudzakir menambahkan setelah tes tertulis, nantinya dilanjutkan tes kesehatan pada tanggal 04 September dan tes psikologi tanggal 8 – 9 September 2013. Hasil rangkaian tes tersebut, tim seleksi baru memutuskan 20 orang yang berhak lolos ke tahapan berikutnya yakni tes wawancara.

Barulah dikerucutkan menjadi 10 orang, untuk dikirimkan ke tingkat provinsi Jawa Tengah. KPU Provinsi Jawa Tengah yang berhak memilih 5 nama, kelak menduduki kursi komisi pemilihan umum kabupaten Rembang periode 2013 – 2018.

Ketua Panwaslu Kab. Rembang, Mukhlis Ridho mengatakan secara umum pelaksanaan tes tertulis berjalan lancar. Hanya saja ia menyesalkan tidak ada koordinasi antara KPU Provinsi Jawa Tengah dengan tim seleksi kabupaten, sehingga malam hari menjelang tes, tim belum mengetahui kepastian soal, apakah sudah sampai atau belum. Meski hal itu demi menjaga kerahasiaan, tetapi koordinasi tetap penting.

Peserta sempat mengecek sendiri, ternyata soal dalam kondisi masih disegel. Setiap orang wajib mengerjakan 75 soal pilihan ganda, waktu 100 menit. Siapa yang kali pertama selesai ? Gatot Sugiharso, warga Kelurahan Leteh Rembang sekaligus mantan Asisten I Setda Bidang Pemerintahan menjadi peserta paling cepat menyelesaikan soal.

Gatot Sugiharso menganggap soal tentang kepemiluan dan pemerintahan, menurutnya sudah biasa, karena puluhan tahun mengabdi di jajaran birokrasi. Semula ia mendorong salah satu putranya untuk ikut seleksi calon anggota KPU, tetapi karena belum memenuhi batasan umur minimal 30 tahun, akhirnya Gatot yang maju.

Kagiatan tes tertulis ini juga disaksikan oleh tim dari provinsi Jawa Tengah. Kalau tes tertulis, kesehatan dan psikologi selesai, menurut rencana nilai peserta akan diumumkan secara terbuka.

Kursi ketua dan anggota KPU Kabupaten dilihat dari sisi penghasilan, relatif cukup empuk. Ketua memperoleh gaji Rp 4 juta di potong pajak tinggal Rp 3,8 juta, sedangkan anggota gaji Rp 3 juta dipotong pajak menjadi Rp 2,8 juta. Namun belakangan muncul rencana pemerintah akan menaikkan gaji ketua KPU Kabupaten Rp 6,8 juta, sedangkan anggota Rp 5,5 juta.

1 Komentar

  1. sucipto

    Sebagai penyelenggara pesta politik 5 tahunan laksanakan sesuai amanat uu penindakan money politik secara tegas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *