Flash News
No posts found

Tambahan Bab, Cegah Perangkat Nakal Dan Kades Otoriter

Kades dan perangkat desa, hadir dalam sebuah acara yang diadakan Pemkab Rembang.

Kades dan perangkat desa, hadir dalam sebuah acara yang diadakan Pemkab Rembang.

Rembang – Di dalam peraturan daerah yang baru tentang tata cara pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa, pemerintah kabupaten Rembang menambah satu bab. Isinya tentang pembinaan dan pengawasan terhadap perangkat desa.

Bupati Rembang, Moch. Salim menjelaskan tambahan bab tersebut merupakan sebuah kebutuhan, untuk menindaklanjuti usulan dari masyarakat.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Pemkab Rembang, Akhsanudin menuturkan banyak ketentuan baru yang dimasukkan. Intinya, camat maupun pemerintah kabupaten mempunyai kewenangan membina dan mengawasi tingkah laku perangkat desa. Selama ini kewenangan menjadi tumpul, karena sering kali kepala desa merasa sebagai figur sentral yang berhak mengendalikan para perangkat, seiring adanya otonomi desa.

Salah satu perangkat desa di desa Baturno kecamatan Sarang, Arifin menyatakan sangat setuju penambahan bab dalam peraturan daerah, sehingga memungkinkan pemerintah kabupaten ikut cawe cawe, terutama saat situasi mendesak.

Ia mencontohkan proses pencalonan perangkat desa. Selama ini muncul fenomena, kalau hubungan calon dekat dengan kepala desa, dipastikan akan jadi. Akibatnya calon lain yang lebih berkualitas, sejak awal sudah enggan maju. Kalau pemerintah tidak ikut mengawasi, maka praktek nakal tersebut bisa semakin merajalela. Kedepan perlu terus digelorakan penjaringan perangkat desa, secara bersih dan terbuka.

Arifin menambahkan ada pula oknum perangkat desa yang terlibat tindak pidana maupun kasus asusila. Ia setuju jika langsung diberhentikan saja.

Tentu butuh sokongan dari pemerintah kabupaten, supaya ada kontrol penyeimbang. Demikian pula masyarakat, ikut membantu mengawasi. Menurutnya mutlak menjadi kewajiban, aparat desa memberikan suri tauladan yang baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *