Flash News
No posts found

10 Pengidap Gangguan Jiwa Tersingkir

Suasana penetapan DPT Pemilu 2014 di ruang pertemuan Hotel Puri Rembang, Kamis pagi. Pengurus partai politik menerima data DPT.

Suasana penetapan DPT Pemilu 2014 di ruang pertemuan Hotel Puri Rembang, Kamis pagi. Pengurus partai politik menerima data DPT.

Rembang – Pengurus Partai Persatuan Pembangunan PPP Kab. Rembang mempertanyakan keabsahan penetapan daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2014, yang berlangsung pada hari Kamis (12 September 2013), di ruang pertemuan Hotel Puri, Jl Pemuda.

Khafidin, salah satu pengurus PPP menuturkan pihaknya sempat membaca pemberitaan terbaru bahwa penetapan DPT akan diundur 30 hari. Hal ini membingungkan, sehingga partai politik perlu memperoleh kejelasan.

Muhammad Affan, ketua komisi pemilihan umum kabupaten Rembang menjelaskan pihaknya tentu tak bisa berpegangan pada berita media massa, tetapi harus mengacu peraturan KPU. Sampai hari Kamis, Peraturan KPU No 06 tahun 2013 belum ada perubahan, sehingga jadwal penetapan daftar pemilih tetap harus sesuai tahapan yang telah disusun sebelumnya.

Ia mendengar bahwa wacana pengunduran penetapan DPT, lantaran ada nomor induk kependudukan NIK pemilih yang hilang. Kalau memang benar seperti itu, menurutnya tidak akan terlalu banyak berpengaruh.

Terdapat data menarik, saat proses daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) menuju daftar pemilih tetap. KPU Kabupaten Rembang mencoret 1.269 nama pemilih, karena 6 alasan. Rinciannya belum berusia 17 tahun sebanyak 11 orang, pindah alamat 127 orang, perubahan status TNI/Polri 9 orang, mengidap gangguan jiwa 10 orang, pemilih ganda atau tidak dikenal 503 orang.

Akhirnya daftar pemilih tetap diperoleh jumlah 478.702 orang, kaum laki laki 239.223 dan perempuan 239.479 pemilih. Mereka tersebar di 1.777 tempat pemungutan suara (TPS). Pemilih paling banyak berada di kecamatan Rembang Kota, sedangkan paling sedikit di kecamatan Gunem. Tidak ada protes dari pengurus Parpol. Penetapan DPT berlangsung lancar dan aman.

Bagi pemilih yang belum terdaftar, tetapi sudah memenuhi syarat, masih memungkinkan bisa menyalurkan hak suaranya pada Pemilu tanggal 09 April 2014, dengan syarat menunjukkan kartu tanda penduduk.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *