Flash News
No posts found

Batu Masuk Pipa, Rembang – Lasem Kelimpungan

Petugas PDAM Rembang memeriksa jalur pipa air.

Petugas PDAM Rembang memeriksa jalur pipa air.

Sale – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Rembang, beberapa hari terakhir ini dipusingkan oleh adanya pipa putus dan bocor di jalur utama yang memanjang antara Sumber Semen Sale sampai dengan Pamotan. Akibatnya hingga hari Jumat (13 September 2013), pasokan air ke belasan ribu pelanggan di Rembang dan Lasem tersendat.

Kepala Bagian Tekhnik PDAM Rembang, Suroso menjelaskan pipa putus di jalur utama Sumber Semen disebabkan karena ada batu masuk ke dalam pipa, sehingga pecah. Waktu itu cepat dibenahi, tetapi gantian jalur utama di Pamotan menyusul terjadi kebocoran. Sekarang selesai diperbaiki, namun masih terdapat dua titik kebocoran skala kecil. Pihaknya enggan menutup kebocoran tersebut, karena dikhawatirkan memperparah kerusakan. Sementara tim tekhnis di lapangan, memilih menunggu perkembangan dulu.

Suroso mengungkapkan beberapa titik jalur utama pipa PDAM yang rawan putus, semisal antara desa Ngandang Kec. Sale – desa Karas Kec. Sedan, kemudian antara Bangunrejo – Pamotan dan Pamotan – Japerejo. Selain pergerakan lapisan tanah, khusus untuk jalur pipa Pamotan – Rembang, diakui kualitas pipanya termasuk kurang bagus.

Menurut pegawai PDAM asal desa Jadi Kec. Sumber tersebut, Sumber Semen bisa disedot 85 liter per detik, sedangkan sumber Pamotan 40 liter per detik. Ketika perbaikan selesai, tidak serta merta air langsung mengalir. Sekali pipa putus diatasi, maka untuk kembali mengalirkan air, butuh waktu minimal tiga hari. Kalau putus lagi, tentu pelanggan harus menunggu lebih lama. Asalkan tidak ada gangguan susulan, Suroso optimis dalam waktu dekat, suplai air akan lancar.

Joko, seorang pelanggan PDAM di Kelurahan Leteh Rembang berharap pasokan bisa segera normal, karena sudah dua hari air macet. Kalaupun keluar, sangat kecil. Itu saja pada malam hari, sehingga harus begadang menunggu bak kamar mandi penuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *