Flash News
No posts found

Pemilik Menduga Tebunya Dibakar, Motif ?

Petugas pemadam kebakaran berusaha masuk ke lahan tebu, memadamkan api.

Petugas pemadam kebakaran berusaha masuk ke lahan tebu, memadamkan api.

Gunem – Lahan tebu milik Nono Suwarno, kepala desa Banyurib Kec. Gunem yang baru saja purna tugas, pada hari Minggu (15 September 2013) terbakar. Nono Suwarno menduga kuat tebunya dibakar, gara gara terkait rencana Pilkades.

Tebu yang berada di lahan bengkok Kades tersebut, berada di sebelah utara desa Banyurib. Peristiwa kebakaran terjadi dua kali. Minggu sekira pukul 06.30 wib, dipergoki titik api di bagian pinggir lahan, tetapi cepat dipadamkan oleh masyarakat sekitar. Pukul 10.00 wib, kebakaran muncul lagi, kali ini di bagian tengah. Api berkobar cepat, karena banyak daun tebu kering dan angin bertiup kencang.

Mantan Kades Banyurib, Nono Suwarno mengatakan Sabtu malam ia menggelar kegiatan di rumahnya, mohon pamit kepada warga, usai menjabat sebagai Kades untuk periode pertama, sekaligus menyatakan akan kembali maju dalam Pilkades bulan November mendatang.

Nono menduga ada pihak merasa sakit hati, kemudian nekat membakar tebunya. Dari total 3,5 hektar, yang ludes dilalap si jago merah mencapai 2 hektar. Secara pribadi telah mengikhlaskan tebu siap panen tersebut, tetapi dirinya menyesalkan ulah pelaku, karena api juga mengancam deretan rumah penduduk.

Kapolsek Gunem, AKP Urip Prihadi menuturkan pihaknya akan menyelidiki terlebih dahulu penyebab kebakaran. Kalau memang ada dugaan dibakar, Urip menghimbau masyarakat ikut menjaga situasi tetap kondusif, sebelum hingga sesudah pemilihan kepala desa. Beda pilihan tak masalah, sebagai wujud negara demokrasi.

Sementara itu petugas pemadam kebakaran sempat kesulitan menjinakkan api, karena lokasinya berada di tengah tengah lahan.

Petugas fokus menyemprotkan air dengan selang panjang, yang penting tidak menjalar ke permukiman warga. Sebelum pukul 12 siang, api akhirnya bisa padam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *