Flash News
No posts found

Kartu Jamkesda Baru Diberikan, Usai Diliput

Ahmad Ibnu Athoillah, penderita gizi buruk digendong ibunya.

Ahmad Ibnu Athoillah, penderita gizi buruk digendong ibunya.

Sluke – Seorang bocah dari keluarga tidak mampu di desa Manggar Kec. Sluke diduga menderita gizi buruk. Tapi ironisnya sempat cukup lama tidak mempunyai kartu untuk berobat gratis.

Sang bocah yakni Ahmad Ibnu Athoillah, berusia 9 bulan, putra Mutmainah. Tubuh anak ini kurus kering, bobot juga dibawah ideal, tak seperti anak anak seusianya. Mutmainah mengatakan sejak lahir anaknya kurang asupan gizi, karena lebih fokus untuk mengurusi rutinitas rumah tangga. Apalagi suaminya hanya bekerja sebagai nelayan, dengan penghasilan serba tidak menentu. Kondisi Ahmad Ibnu Athoillah memburuk, setelah mengalami gangguan pendengaran.

Abdul Haris, tokoh pemuda desa Manggar meminta dinas terkait lebih rajin turun ke bawah, guna menjaring balita penderita gizi buruk. Bisa saja anak anak bernasib seperti Ahmad Ibnu Athoillah masih banyak tersebar di pelosok pedesaan. Kalau data akurat, maka diharapkan pemerintah bisa menggulirkan kebijakan yang cepat dan tepat sasaran.

Mantan Kepala Desa Manggar Kec. Sluke, Dimyati menjelaskan aparat desa telah mengusulkan keluarga penderita gizi buruk kepada Pemkab Rembang, agar segera menerima kartu Jaminan Kesehatan Daerah atau Jamkesda. Senin malam (16 September 2013) kartu berobat gratis tersebut kebetulan sudah turun, selanjutnya langsung diserahkan.

Ketika dikonfirmasi, Kepala Bidang Kesehatan Keluarga Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang, Nurani Her Utami mengucapkan terima kasih atas informasi keberadaan penderita gizi buruk.

Ia berjanji akan mengambil langkah langkah koordinasi dengan Puskesmas Sluke. Yang jelas, DKK Rembang berkomitmen mengurangi jumlah penderita gizi buruk, melalui program pemberian makanan tambahan. Khusus bagi penderita yang menjalani perawatan medis, orang tuanya juga berhak memperoleh uang saku dari Pemkab Rembang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *