Flash News
No posts found

Ditanggung Sendiri, Nekat Tidak Imunisasi

Jemaah calon haji Rembang, saat kegiatan manasik, belum lama ini.

Jemaah calon haji Rembang, saat kegiatan manasik, belum lama ini.

Rembang – Masih ada jemaah calon haji di kabupaten Rembang yang tidak melakukan imunisasi influenza untuk mengantisipasi penyebaran virus corona di tanah suci Mekkah. Salah satu penyebabnya karena biaya imunisasi tersebut sekira Rp 150 ribu, harus ditanggung jemaah sendiri. Tetapi khusus imunisasi meningitis untuk menjaga kekebalan tubuh, jemaah mendapatkannya secara gratis, karena merupakan program rutin.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji Dan Umroh Kementerian Agama Kab. Rembang, Mohammad Athoillah Muslim menjelaskan dari total 503 jemaah calon haji, yang melakukan imunisasi influenza mencapai 85 %. Angka itu termasuk sudah cukup tinggi, karena banyak jemaah terpengaruh oleh pemberitaan tentang virus corona. Bagi yang belum imunisasi influenza, ia sebatas berdoa tidak ada masalah, selama menunaikan ibadah haji.

Virus corona sama seperti halnya flu, tetapi dampaknya lebih ganas. Demam tinggi dan pilek merupakan gejala awal yang harus diwaspadai para jemaah.

Athoillah menambahkan keberangkatan jemaah calon haji kabupaten Rembang terbagi dalam sejumlah tahap.

Jumat (27 September 2013) sekira pukul 07.30 wib, kloter 44 sebanyak 3 orang dan kloter 45 berjumlah 370 orang, akan mulai berangkat dari Gedung Haji Jl Pemuda Rembang. Kemudian hari Sabtu (28 September 2013) pada jam yang sama, giliran 130 orang jemaah, menyusul berangkat.

Kementerian Agama kabupaten Rembang menghimbau jemaah memanfaatkan sisa waktu sebelum masa keberangkatan, untuk selalu menjaga kesehatan, mengatur pola makan, olahraga dan istirahat yang cukup.

Termasuk memperhatikan waktu menemui tamu. Jika terlalu sering dan melupakan istirahat, kondisi fisik jemaah rawan anjlok.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *