Flash News
No posts found

Peserta Seleksi Menebar Optimisme

Salah satu peserta (baju motif kotak) menjawab pertanyaan dari anggota tim seleksi.

Salah satu peserta (baju motif kotak) menjawab pertanyaan dari anggota tim seleksi.

Rembang – 19 orang peserta seleksi komisioner Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Rembang, hari Sabtu (21 September 2013) mengikuti tes wawancara di ruang pertemuan Hotel Puri Indah Jl Pemuda Rembang.

Salah satu peserta asal desa Jukung Kec. Bulu, Muhammad Sugiharyadi menjelaskan tim seleksi banyak menanyakan berbagai masalah tentang Pemilu. Ia menganggap wajar, karena kalau sudah menduduki kursi KPU, harus menguasai regulasi maupun sistem Pemilu di Indonesia. Meski banyak pesaing, namun dirinya optimis bisa lolos ke tahap berikutnya.

Ketua KPU Kabupaten Rembang yang kembali ikut seleksi, Muhammad Affan mengakui proses sekarang ini lebih komprehensif, karena menilai kualitas calon komisioner dari sejumlah sisi, seperti tes tertulis, psikologis, kesehatan dan wawancara. Ia mencontohkan selama tes kejiwaan, harus menyelesaikan 350 soal, padahal saat penjaringan calon KPU dulu, tidak ada seperti itu. Affan juga optimis akan mampu menembus 10 besar.

Ketua tim seleksi komisioner KPU Kab. Rembang, Mudzakir menegaskan tidak ada tekanan dari pejabat, anggota dewan maupun pengurus partai politik, untuk meloloskan peserta tertentu dalam daftar 10 besar.

Tetapi memang cukup banyak tanggapan dari masyarakat melalui email. Laporan beragam, mulai mendukung, menolak salah satu peserta, hingga mengomentari obyektivitas tim seleksi. Saat tes wawancara, semua tanggapan tersebut langsung diklarifikasi kepada yang bersangkutan.

Mudzakir menambahkan 10 nama akan dikirimkan ke KPU Provinsi Jawa Tengah. Tim seleksi mencantumkan laporan nilai setiap peserta dari tahap awal hingga akhir. Merekalah yang berhak menentukan 5 nama menjadi komisioner KPU Kabupaten Rembang, menggantikan KPU lama yang berakhir masa jabatannya pada bulan Oktober 2013.

Kelak bagi ketua KPU kabupaten, berhak memperoleh gaji Rp 6,8 juta, sedangkan anggota Rp 5,5 juta per bulan dipotong pajak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *