Flash News
No posts found

Oro Oro Akhirnya Terbebas

Seorang ibu menggendong anaknya, bingung mencari jalan menuju dusun Oro Oro, karena tertutup longsor, Senin pagi.

Seorang ibu menggendong anaknya, bingung mencari jalan menuju dusun Oro Oro, karena tertutup longsor, Senin pagi.

Sedan – Tanah longsor sempat mengisolir 40 an kepala keluarga di dusun Oro Oro desa Candimulyo Kec. Sedan selama empat hari.

Akhirnya pada hari Senin (27 Januari 2014), alat berat beckhoe dari Pemerintah Kabupaten Rembang turun ke dusun terpencil tersebut, untuk membuka akses jalan yang tertutup material tanah dan batu setinggi 3 meter, sepanjang 25 meter.

Masyarakat setempat hanya berdiam diri di rumah, selama terisolasi. Asrofi, salah satu warga dusun Oro Oro desa Candimulyo mengaku motor maupun kendaraan roda empat tidak bisa melintas. Setelah alat berat turun mengeruk, aktivitas warga akhirnya normal kembali.

Tak hanya menutup jalan, tetapi bencana longsor juga mengakibatkan sebuah rumah rusak berat dan tiga rumah terancam longsor.

Rumah yang rusak parah adalah milik Sundari. Sundari mengaku terpaksa membongkar atap, dinding kayu dan material rumah, supaya bisa digunakan lagi. Sementara ia sekeluarga mengungsi ke mushola. Ibu tiga anak ini bingung untuk mendirikan kembali rumahnya, karena tidak mempunyai biaya. Sundari menunggu kalau ada bantuan dari pemerintah.

Seorang perangkat desa Candimulyo, Riswanto berharap aktivitas penambangan batu di utara lokasi longsor dihentikan, karena pihaknya khawatir akan memperparah bencana. Satu sisi, banyak warga setempat menjadi tenaga kerja tambang, tapi disisi lain dampak lingkungan, juga harus diperhatikan.

Sementara itu sampai Senin siang, anggota polisi dan TNI, gabungan dari Sedan dan Sale masih sibuk membantu memperbaiki rumah yang rusak dan membersihkan sisa ceceran tanah di jalan.

Meski jalan sudah bisa dilalui, namun aparat menghimbau masyarakat desa Candimulyo tetap waspada, terutama saat curah hujan tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *