Flash News
No posts found

Sungai Ini Semakin Tidak Berbentuk, Penyebab ?

Beginilah kondisi sungai di dusun Bangker. Tertutup oleh rumpun bambu yang longsor.

Beginilah kondisi sungai di dusun Bangker. Tertutup oleh rumpun bambu yang longsor.

Kaliori – Empat titik rumpun bambu di dusun Bangker desa Sendangagung Kec. Kaliori longsor dan menutupi aliran sungai.

Sabar, seorang warga dusun Bangker mengatakan hari Sabtu (01 Februari 2014) aliran sungai sudah tidak nampak. Ia khawatir kalau datang kiriman air dari arah selatan, akan tertahan oleh rumpun bambu tersebut. Akibatnya air semakin menggerus permukiman penduduk di pinggir bantaran sungai. Menurut Sabar, masyarakat setempat tidak mampu mengatasi. Perlu bantuan pemerintah, supaya ada penanganan.

Setelah rumpun bambu masuk sungai, sedikitnya tiga rumah penduduk terancam terbawa luapan banjir, masing masing milik Winoto, Yunan dan Parmin. Rumah mereka hanya berjarak 1 meter dengan sungai.

Isteri Yunan, Marsita mengaku terpaksa membongkar bangunan kandang ternak di belakang rumahnya.

Ia tetap bertahan, karena tidak memiliki tanah lain. Namun kalau curah hujan tinggi, Marsita resah terhadap keselamatan rumahnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rembang, Suharso mengatakan keberadaan rumpun bambu satu sisi bisa mencegah longsor, tetapi juga memperparah longsor di titik lain yang tidak ada tanamannya.

Suharso mengaku cukup banyak menerima laporan seperti ini. Satu per satu kerusakan didata, sedangkan untuk mengatasi, memperhitungkan skala prioritas. Ia berharap masyarakat bersama sama ikut turun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *