Flash News
No posts found

“Pemerintah Tak Bisa Bergerak Sendiri…”

Kondisi rumah Wartum, belum berdiri usai bencana. (Gambar atas) pengelola dan mahasiswi Universitas Terbuka Pokjar Lasem menyerahkan bantuan semen.

Kondisi rumah Wartum, belum berdiri usai bencana. (Gambar atas) pengelola dan mahasiswi Universitas Terbuka Pokjar Lasem menyerahkan bantuan semen.

Sluke – Sejumlah kalangan turun tangan membantu korban bencana alam. Salah satunya dilakukan oleh Universitas Terbuka Kelompok Belajar (Pokjar) Lasem bekerja sama dengan Orsin, sebuah organisasi dari Jakarta yang selama ini peduli terhadap masalah anak dan kewanitaan.

Pengelola Universitas Terbuka Kelompok Belajar Lasem, Abdullah Hamid menjelaskan pihaknya menyerahkan 9 sak semen kepada Wartum, warga desa Jurangjero Kec. Sluke yang rumahnya terbawa arus banjir, akibat talud di pinggir sungai longsor. Selain di Jurangjero, bantuan berupa bahan makanan juga disalurkan kepada korban bencana banjir di kabupaten Pati. Abdullah berharap bantuan bisa meringankan korban bencana, sekaligus menguatkan semangat mereka untuk bangkit kembali.

Kepala Bidang Logistik Dan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rembang, Harjono menganggap kepedulian masyarakat sangat penting pasca bencana. Bagaimanapun untuk penanganan, perlu partisipasi banyak pihak, tidak melulu menggantungkan pemerintah. Pemkab sementara fokus pada masalah pemenuhan hak hak dasar korban, serta merencanakan pemulihan sarana umum yang mengalami kerusakan.

Harjono mencontohkan hari Senin (03 Februari 2014), BPBD masih memprioritaskan pemantauan bencana tanah longsor di dusun Oro Oro desa Candimulyo Kec. Sedan. Material tanah longsor sebenarnya sudah dua kali dikeruk alat berat beckhoe, agar jalan menuju dusun Oro Oro terbuka.

Tapi sayangnya usai dibersihkan, longsor susulan kembali terjadi. BPBD berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat, yang terpenting mengantisipasi jangan sampai ada korban jiwa dan mempercepat akses lalu lintas warga segera normal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *