Flash News
No posts found

“Kasihan, Mereka Terancam Oleh Anjing Liar…”

Pengunjung mengamati kawanan rusa di wana wisata Mantingan.

Pengunjung mengamati kawanan rusa di wana wisata Mantingan.

Bulu – Kawanan rusa di wana wisata Mantingan Kec. Bulu semakin berkurang. Dulu mencapai 30 ekor lebih, tetapi sekarang tinggal 25 ekor. Penyebabnya bervariasi, mulai dari faktor cuaca dingin yang memicu kematian, hingga serangan anjing liar menerobos masuk ke dalam kandang. Akibatnya binatang yang dilindungi pemerintah itu merasa terganggu dan memilih keluar kandang, daripada menjadi santapan mangsa anjing liar.

Kaswadi, salah satu petugas wana wisata Mantingan menuturkan beruntung ada induk rusa betina, belum lama ini melahirkan dua ekor, sehingga bisa menutupi rusa yang mati dan kabur.

Soal perawatan rusa, menurut Kaswadi sebenarnya mudah. Banyak pakan ternak tersedia di sekitar wana wisata. Ia mengusulkan kepada pihak pengelola, untuk memperbaiki kerusakan pagar, sehingga keberadaan rusa tetap terjaga.

Yuli Astuti, salah satu pengunjung obyek Wana Wisata Mantingan menyayangkan keamanan puluhan rusa tersebut, kurang diperhatikan. Padahal rusa menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong. Diperparah pula kerusakan sejumlah fasilitas lain.

Ia berharap Pemkab Rembang atau kalangan anggota DPRD ikut memfasilitasi, meski kawasan wisata sekarang dikelola oleh Perum Perhutani. Bagaimanapun dalam setiap promosi potensi wisata, Pemkab Rembang selalu mencantumkan obyek di desa Mantingan itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *