Flash News
No posts found

“Pengecer Diluar Kewenangan Kami…”

Dua pekerja agen LPG 3 Kg di Rembang ini siap mengirim gas ke tingkat pangkalan, Selasa pagi.

Dua pekerja agen LPG 3 Kg di Rembang ini siap mengirim gas ke tingkat pangkalan, Selasa pagi.

Rembang – Kelangkaan gas LPG 3 kilo gram, hari Selasa (11 februari 2014) semakin meresahkan kalangan ibu rumah tangga di kabupaten Rembang.

Sumiah, seorang warga Kelurahan Sidowayah Rembang mengaku terakhir kali membeli gas LPG 3 kilo gram seharga Rp 17 ribu. Tapi belakangan di tempat lain, seperti wilayah Lasem sudah menembus harga Rp 20 ribu per tabung. Ia khawatir kondisi tersebut akan meluas, kalau tidak cepat ditanggulangi.

Salah satu pengecer gas LPG, Imam Mustaghfirin atau biasa dipanggil Didik Gas mengatakan kelangkaan disebabkan pasokan dari pangkalan merosot tajam. Semula ia memperoleh kiriman 30 buah tabung per hari, tetapi sekarang diperketat menjadi 30 tabung dalam dua hari. Begitu memperoleh jatah, langsung habis, sebatas untuk konsumsi di sekitar tempat tinggalnya. Selain itu, banyak pengguna tabung gas 12 Kg, sekarang memilih beralih LPG 3 Kg, karena lebih murah.

Reporter R2B sempat memantau Stasiun Pengisian Dan Pengangkutan Bulk Elpiji di pinggir jalur Pantura desa Pasar Banggi. Tak ada penurunan aktivitas, menurut seorang pekerja, pengiriman ke tingkat agen masih lancar.

Tiara Thesaufi, sales eksekutif domestik gas Pertamina wilayah IV Pati menjelaskan pihaknya bertanggung jawab menangani distribusi LPG ke agen dan pangkalan, sedangkan pengecer sudah diluar kewenangan Pertamina.

Seusai rapat koordinasi di kantor Disperindagkop Dan UMKM Kab. Rembang, Selasa siang, Tiara mengaku tengah melakukan pemetaan jumlah pangkalan yang lebih banyak terpusat di wilayah Rembang dan Lasem. Kedepan perlu ada pemerataan pangkalan, untuk mengurangi potensi LPG 3 Kg tidak tepat sasaran dan menekan kenaikan harga. Sementara pangkalan diminta memperketat penjualan gas bersubsidi kepada pengecer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *