Flash News
No posts found

Yang lama Mati Suri, Berawal Dari Perseteruan

Balai Desa Babak Tulung Kec. Sarang.

Balai Desa Babak Tulung Kec. Sarang.

Rembang – Aparat desa didorong untuk terus mengaktifkan keberadaan balai desa. Lebih lebih bagi sekretaris desa yang sudah diangkat menjadi pegawai negeri sipil.

Camat Pancur, Suharto mengatakan di kecamatan Pancur dari total 23 desa, hanya 10 desa yang Sekdesnya berstatus PNS. Dalam setiap rapat koordinasi, ia mengingatkan arti penting pelayanan di balai desa. Memang ada satu dua balai desa sepi, karena kebetulan Kades pergi, sedangkan perangkatnya sibuk mengolah lahan persawahan. Tapi piket harus tetap berjalan.

Camat Sale, Kunardi juga mengklaim sebagian besar balai desa di wilayahnya aktif. Ia menyarankan sebisa mungkin pelayanan pada jam kerja berlangsung di balai desa. Baru kalau melebihi pukul 13.00 WIB, masyarakat bisa mengurus administrasi ke rumah Kades atau perangkat. Menurutnya sejauh ini belum ada keluhan dari masyarakat.

Sebelumnya, Komisi A Bidang Pemerintahan DPRD Rembang menemukan masih banyak balai desa di kabupaten Rembang mati suri. Salah satu penyebab karena Kades dan Sekdes kurang menjalin komunikasi.

Ketua Komisi A DPRD, Ridwan menjelaskan sudah bukan zamannya antara kepala desa dan sekretaris desa berseteru, justru mereka musti menjadi garda terdepan dalam memberikan kemudahan pelayanan, sehingga roda pemerintahan di desa berjalan efektif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *