Flash News
No posts found

Proyek Pemerintah, Semakin Merana

Bangunan di kawasan TPAS Sidomulyo Kec. Sedan, Jumat pagi.

Bangunan di kawasan TPAS Sidomulyo Kec. Sedan, Jumat pagi.

Sedan – Calon Tempat pembuangan akhir sampah (TPAS), sebelah selatan dusun Mboja desa Sidomulyo Kec. Sedan, sampai hari Jumat (28 Februari 2014) semakin tidak jelas, kapan akan dioperasikan. Warga setempat juga mempertanyakan bagaimana nasib lokasi tersebut.

Sadik, salah satu warga desa Sidomulyo Kec. Sedan mengatakan sudah hampir lima tahun kawasan tersebut mangkrak. Padahal pemerintah kabupaten Rembang selesai membangun tempat garasi truk sampah, kantor, pagar pembatas dan jembatan menuju TPAS. Lahan yang direncanakan untuk tumpukan sampah, kini ditanami jagung dan ketela oleh warga. Ia termasuk setuju terhadap rencana pembangunan, karena lokasi TPAS berjarak 1 kilo meter dari permukiman penduduk, perkiraan tidak akan menimbulkan polusi udara.

Warga desa Sidomulyo lainnya, Abdul Wakhid mengaku di kalangan masyarakat terjadi pro kontra. Yang setuju, karena nantinya jalan menuju areal tegalan menjadi lebih bagus, sehingga petani enak kalau mengangkut hasil pertanian. Sedangkan banyak pula suara penolakan, khawatir nantinya rawan serangan penyakit karena lalat merajalela dan rembesan air dari lokasi TPAS mencemari sumber air. Menurutnya kondisi semacam itu wajar, apalagi jarang ada sosialisasi. Masyarakat desa Sidomulyo menunggu keputusan Pemkab, apakah tempat pembuangan akhir sampah jadi diteruskan atau akan dihentikan.

Sementara itu, Kepala Seksi Kebersihan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kab. Rembang, Sartono ketika dikonfirmasi juga masih bingung, terkait masa depan calon TPAS Sidomulyo. Menurutnya salah satu kendala yang dihadapi yakni pembebasan lahan untuk akses jalan masuk belum tuntas.

Sartono menimpali lokasi pembuangan sampah tersebut, sebenarnya cukup strategis, guna menampung sampah di wilayah kabupaten Rembang bagian timur, seperti Sarang, Kragan, Sedan dan Kec. Sale. Selama ini pembuangan sampah hanya tertumpu di TPAS desa Landoh Kec. Sulang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *