Flash News
No posts found

Tak Masuk DPT, Tetap Boleh Nyoblos

Seorang warga desa Kedungrejo Rembang mengecek namanya di papan pengumuman daftar pemilih tetap.

Seorang warga desa Kedungrejo Rembang mengecek namanya di papan pengumuman daftar pemilih tetap.

Rembang – Penduduk yang tidak mempunyai kartu identitas dan belum tercantum dalam daftar pemilih tetap, bisa menyalurkan hak suaranya pada Pemilu Legislatif 09 April mendatang. Tapi harus memenuhi persyaratan, yakni berusia minimal 17 tahun atau sudah menikah.

Khusus kelompok ini, hanya boleh mencoblos di tempat pemungutan suara, asal domisili yang bersangkutan. Itupun diberi jatah satu jam sebelum proses pemungutan suara berakhir.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kab. Rembang, Minanus Suud mengatakan artinya kalau TPS dibuka sejak pukul 7 pagi sampai dengan pukul 1 siang, maka pemilih tersebut melapor kepada petugas panitia pemungutan suara, pada pukul 12 siang.

Minanus Suud menambahkan bagi warga yang tetap bekerja, ingin menyalurkan suara di TPS lain, juga tidak masalah. Mereka terlebih dahulu menyampaikan rencana pindah mencoblos kepada petugas TPS setempat, tiga hari sebelum hari H pemilihan umum. Sedangkan TPS khusus, nantinya tetap ada, yakni di dalam rumah tahanan dan rumah sakit dr R Sutrasno Rembang.

Jumlah pemilih di kabupaten Rembang yang berhak mencoblos pada Pemilu Legislatif nanti, pada kisaran angka 477 ribuan orang. Pemilih perempuan lebih banyak dibandingkan pemilih laki laki, terpaut sekira 250 an orang. Data itu akan terus berubah, menjelang pemungutan suara, terutama pengurangan dari warga yang meninggal dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *