Flash News
No posts found

Aksi Mogok Ratusan Pekerja, Perusahaan Luluh

Truk mengangkut bahan tambang, melaju di jalan Sale – Sedan.

Truk mengangkut bahan tambang, melaju di jalan Sale – Sedan.

Sale – Masalah protes ratusan pekerja di perusahaan tambang PT ICCI desa Tahunan Kec. Sale akhirnya selesai, dengan keputusan yang melegakan kalangan buruh.

Sebelumnya, tukang gali dan pemecah batu sempat menggelar aksi mogok, lantaran manajemen perusahaan berencana mengoperasikan mesin pemecah batu dan alat berat untuk menaikkan bahan tambang. Pekerja melancarkan protes, karena jika hal itu dilakukan, tenaga manusia akan tersisih, sehingga suatu ketika terancam menganggur. Sutoro, salah satu perwakilan buruh berharap jangan sampai ada pemutusan hubungan kerja.

Kepala Desa Tahunan Kec. Sale, Ngalimun menyatakan saat 100 orang pekerja mendatangi balai desa, pihaknya langsung mengagendakan pertemuan, antara pekerja dengan manajemen perusahaan tambang. Setelah berembug, akhirnya disepakati para pekerja tetap diberdayakan.

Ngalimun menambahkan 80 % tenaga kasar di PT ICCI berasal dari desa Tahunan, sedangkan 20 an % warga desa tetangga, seperti Gading dan Mrayun. Selama ini upah yang didapat, telah menjadi gantungan hidup masyarakat. Kalau menganggur, tentu rawan menimbulkan gejolak sosial.

Plan Manajer PT ICCI, Beni Nurcahyanto dalam forum pertemuan menyampaikan pihaknya siap mengakomodir tuntutan para pekerja. Ia juga membubuhkan tanda tangan kesepakatan tertulis, seraya menganggap sudah tidak ada permasalahan lagi.

Desa Tahunan Kec. Sale merupakan sebuah desa yang terkenal sebagai pusat penambangan batu belah, batu kapur dan tras. Tak hanya PT ICCI, tetapi di desa itu juga bercokol PT SAF yang sudah beroperasi menambang selama belasan tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *