Flash News
No posts found

Pembagian Beras Politik Merajalela

Pesan yang tertulis dalam sebuah poster, dipasang di depan kantor Panwaslu Rembang.

Pesan yang tertulis dalam sebuah poster, dipasang di depan kantor Panwaslu Rembang.

Rembang – Aksi bagi bagi beras dan Sembako dari calon legislatif, mulai marak di wilayah kecamatan Rembang Kota.

Seorang warga Kelurahan Sidowayah Rembang yang enggan disebutkan namanya mengaku pembawa beras hanya menyebutkan salah satu nama Caleg, tanpa melakukan ajakan untuk mencoblos. Ia menerima paket tersebut, karena kebetulan berasnya habis.

Ketua Panitia Pengawas Kecamatan Rembang Kota, Emed Kurniawan mengakui pihaknya sudah menerima informasi tersebut. Dari hasil penelusuran, sementara ini tim sukses baru sebatas perkenalan dengan pemilih, belum bersifat ajakan mencoblos Caleg tertentu, sehingga tidak bisa dikategorikan kampanye terselubung.

Meski demikian Panwascam Rembang Kota tetap mendalami cara pendekatan melalui pemberian barang, karena rawan terjadi pelanggaran. Emed juga berharap masyarakat berpartisipasi mewujudkan Pemilu bersih, dengan bersedia menjadi saksi, ketika mendapati pemberian uang maupun barang. Menurutnya tanpa dua orang saksi, kasus politik uang sulit diteruskan ke proses hukum.

Lalu bagaimana dengan situasi pelosok pedesaan ? di kecamatan Bulu misalnya, pembagian uang atau barang untuk menarik simpati pemilih, relatif belum terpantau.

Ketua Panwas Kecamatan Bulu, Makruf menuturkan kalau pertemuan tertutup, kemudian tamu yang hadir memperoleh amplop berisi uang, sudah sering.

Makruf menambahkan berdasarkan pembagian zona kampanye terbuka, terdapat tiga titik di kecamatan Bulu menjadi prioritas pengawasan, yakni di lapangan desa Warugunung, Sumbermulyo dan lapangan desa Sendangmulyo.

Manakala ada kegiatan, seluruh pengawas pemilu lapangan (PPL) se kecamatan Bulu, akan dikerahkan menuju tiga lokasi tersebut, agar pemantauan lebih efektif. Fokus pelanggaran yang diawasi meliputi keterlibatan PNS, Kades beserta perangkat desa, kampanye diluar jadwal, isi materi kampanye dan penggunaan kendaraan dinas pemerintah dalam kampanye.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *