Flash News
No posts found

“Sebaiknya Bupati Mundur Saja…”

Bupati Rembang Moch. Salim sebelum ditahan, mendampingi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, saat kunjungan kerja ke Rembang.

Bupati Rembang Moch. Salim sebelum ditahan, mendampingi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, saat kunjungan kerja ke Rembang.

Rembang – Politisi Partai Kebangkitan Bangsa dari desa Kedungtulup Kec. Sumber, Mohammad Asnawi berharap Bupati Rembang Moch. Salim yang sudah menjadi terdakwa kasus dugaan korupsi, secara legowo mengundurkan diri.

Mohammad Asnawi menganggap kalau bupati Salim mau mundur, artinya proses penggantian menjadi lebih cepat. Tanpa harus menunggu keputusan hukum dari Pengadilan yang memakan waktu cukup lama.

Menurut Undang Undang Pemerintahan Daerah, begitu mundur, langsung diberitahukan oleh pimpinan DPRD Rembang, untuk diputuskan dalam rapat paripurna dan diusulkan pimpinan DPRD.

Kalau tidak mundur, maka mengacu pada pasal 30 bahwa kepala daerah dapat diberhentikan sementara oleh presiden, tanpa melalui usulan DPRD, apabila dinyatakan melakukan tindak pidana kejahatan yang diancam dengan hukuman penjara paling singkat lima tahun atau lebih, berdasarkan putusan pengadilan. Setelah ada keputusan hukum tetap, baru diberhentikan. Ia khawatir jika kelamaan menunggu, banyak berkas berkas penting, seperti surat keputusan dan anggaran belum ditandatangani. Lebih lebih Wakil Bupati Rembang, Abdul Hafidz hanya sebatas memimpin roda pemerintahan, belum mengantongi surat penunjukan tertulis menjadi pelaksana tugas Bupati.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo baru baru ini menyampaikan proses hukum biar berjalan di Pengadilan Tipikor Semarang. Soal penunjukan Wakil Bupati, Abdul Hafidz menjadi pelaksana tugas Bupati, masih digodok Kementerian Dalam Negeri. Menurutnya pemerintahan di Kab. Rembang berlangsung seperti biasa, karena masih ada wakil bupati.

Sementara itu, politisi Partai Demokrat, Gunasih menyatakan pihaknya menyerahkan sepenuhnya ke proses hukum.

Ia juga berharap masyarakat mengedepankan asas praduga tidak bersalah. Sidang Bupati Moch. Salim baru pemeriksaan saksi, belum sampai ditingkat penuntutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *