Flash News
No posts found

Bergengsi, Inacraf Dibidik

Batik tulis Lasem (rembangbangkit.com).

Batik tulis Lasem (rembangbangkit.com).

Rembang – Sempat dikabarkan akan gagal mengikuti pameran kerajinan Inacraf April 2014 mendatang, akhirnya pengrajin batik Lasem dapat bernafas lega. Pasalnya kini mereka mendapatkan tempat (stand) dan dapat mengikuti event tahunan bergengsi tersebut di Jakarta.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Rembang, Muntoha mengatakan sebagian pengrajin mengikuti event itu bergabung dengan stand milik Pemerintah Kabupaten dan sisanya membuka stand sendiri.

Muntoha menambahkan stand milik Pemkab Rembang yang tergabung satu kawasan dengan stand-stand Kabupaten/kota se-Jateng, langsung dikoordinir oleh Provinsi Jateng memiliki ukuran lebih kecil yakni 2×3 meter, padahal ukuran normal 3×3 meter.

Muntoha mengatakan hubungan baik yang sudah terjalin dengan pihak penyelenggara sejak tahun 2005 lalu, menjadi salah satu alasan pengrajin mendapatkan stand tersendiri.

Sementara terkait dengan pembentukan ASEPHI (Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia) di Rembang, Muntoha mengharapkan Bagian Perekonomian Setda Rembang memfasilitasi lembaga tersebut.

Ia mengaku sudah berkoordinasi dengan Bagian Perekonomian, guna pembentukan ASEPHI sehingga kelak untuk pameran Inacraf mendatang, pengrajin di Kabupaten Rembang tidak terlalu sulit memperoleh tempat.

Menurutnya Inacraf adalah ajang yang tepat dalam memasarkan produk-produk kerajinan di Kabupaten Rembang, karena banyak pengunjung dalam maupun luar negeri. (Agung – Humas Pemkab Rembang).

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *