Flash News
No posts found

Guru Rangkap PPL, Temukan Kampanye Di Sekolah

PPL desa Sidorejo Kec. Sedan, Arifin menunjukkan selebaran kampanye yang dibagikan kepada guru dan karyawan sekolah.

PPL desa Sidorejo Kec. Sedan, Arifin menunjukkan selebaran kampanye yang dibagikan kepada guru dan karyawan sekolah.

Sedan – Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) desa Sidorejo Kec. Sedan menemukan dugaan adanya kampanye di dalam lingkungan pendidikan. Ada amplop yang diterima oleh guru dan karyawan sekolah, berisi tentang permohonan dukungan dari Caleg PPP daerah pemilihan Sedan – Sarang, Akhmad Kholid Suyono, warga desa Lodan Kulon Kec. Sarang. Selain itu terdapat stiker bergambar tiga orang Caleg PPP dan contoh surat suara.

Arifin, PPL desa Sidorejo Kec. Sedan menjelaskan peristiwa itu terjadi pada salah satu sekolah desa Sidorejo. Kebetulan ia bekerja di tempat tersebut. Menurutnya kampanye di dalam lembaga pendidikan melanggar aturan. Bahkan bisa terancam hukuman pidana, kalau memenuhi unsur. Sesuai pasal 86 ayat 1 Undang Undang Pemilu disebutkan pelaku bisa terjerat hukuman dua tahun penjara dan denda Rp 24 juta.

Setelah itu Arifin melapor ke Panwas Kecamatan Sedan dan diteruskan kepada Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Rembang.

Akhmad Kholid Suyono, seorang Caleg PPP menanggapi dirinya sama sekali tidak berniat kampanye di sekolah. Tetapi ia beralasan kala itu titip sarana kampanye kepada seorang warga sekaligus berprofesi sebagai guru. Ternyata belakangan dibagikan guru dan karyawan sekolah lain, mungkin agar lebih cepat dan efektif. Ia tahu persis kampanye di sekolah termasuk larangan, tentu tidak mungkin menabraknya.

Panwaslu Kab. Rembang membahas laporan PPL di desa Sidorejo Kec. Sedan, hari Jumat (28 Maret 2014).

Hasilnya, tidak menemukan pelanggaran pidana, karena Caleg yang bersangkutan tidak terjun langsung masuk ke dalam sekolah sekolah, untuk berkampanye. Panwaslu sebatas memberikan rekomendasi agar kepala sekolah meningkatkan pengawasan, sehingga lembaga pendidikan terbebas dari kepentingan politik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *