Flash News
No posts found

01 April Terintegrasi, Wanti Wanti Anak Buah

Kepala Disdukcapil Kab. Rembang, Daenuri.

Kepala Disdukcapil Kab. Rembang, Daenuri.

Rembang – Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kab. Rembang, mulai hari Selasa (01 April 2014) siap mengintegrasikan pelayanan di Disdukcapil dengan sistem informasi administrasi kependudukan atau SIAK.

Kepala Disdukcapil Kab. Rembang, Daenuri mengungkapkan selama ini pihaknya menerapkan cara manual, untuk melayani masyarakat. Baru baru ini, seorang tenaga ahli dari provinsi Jawa Tengah datang, membantu persiapan proses integrasi dengan data SIAK. Seluruh kabel, komputer dicek satu per satu. Tenaga pelayanan, juga memperoleh bimbingan singkat, terkait pengoperasian sistem tersebut.

Daenuri menambahkan karena sudah menjadi satu dengan SIAK, nantinya begitu mengetik nama seseorang, akan langsung muncul data lengkap, seperti tempat tanggal lahir, nama orang tua, nomor induk kependudukan dan identitas lain.

Kalau syarat syarat lengkap, pemohon KTP, kartu keluarga, akta kelahiran atau surat pindah, bisa dilayani dengan cepat, rata rata per orang hanya membutuhkan waktu 2 menit. Tentu jauh lebih singkat, dibandingkan sebelumnya.

Daenuri juga mengingatkan kepada seluruh tenaga pelayanan, jangan sekali sekali menerima uang tips dari warga. Dalam Undang Undang Administrasi Kependudukan, pelaku yang terbukti melakukan pungutan liar, bisa terancam hukuman pidana selama dua tahun penjara dan denda sebesar Rp 25 juta.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *