Flash News
No posts found

Pemilu 7 TPS Diulang, Logistik ?

Seorang pemilih di TPS 4 desa Kerep Kec. Sulang mencoblos. TPS ini termasuk yang akan digelar pemungutan suara ulang.

Seorang pemilih di TPS 4 desa Kerep Kec. Sulang mencoblos. TPS ini termasuk yang akan digelar pemungutan suara ulang.

Rembang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab. Rembang memastikan akan menggelar Pemilu ulang di 7 tempat pemungutan suara, gara gara terjadi surat suara DPRD kabupaten tertukar dengan daerah pemilihan lain dan terlanjur dicoblos pemilih.

Ketujuh TPS itu meliputi TPS 1 desa Sidorejo, TPS 5 dan 6 desa Japerejo, TPS 5 desa Sendangagung di kecamatan Pamotan, kemudian TPS 4 desa Kerep dan TPS 7 desa Sulang Kec. Sulang. Di kecamatan Pancur, terdapat satu TPS yang harus diulang, yakni TPS 1 desa Sumberagung. Kalau tidak diulang, hasil penghitungan suara dianggap tidak sah.

Ketua KPU Kab. Rembang, Minanus Suud menjelaskan pemungutan suara ulang hanya untuk pemilihan DPRD kabupaten. Rencananya berlangsung pada hari Minggu, 13 April 2014. Dipilihnya hari Minggu, karena merupakan hari libur, diharapkan tidak terlalu menyulitkan pemilih.

Mengenai logistik surat suara, kebetulan setiap daerah pemilihan sejak awal disediakan surat suara Pemilu ulang, sebanyak 1.000 lembar. TPS yang menggelar Pemilu ulang, di kecamatan Pamotan, terdapat 958 orang pemilih, Sulang 595 dan Pancur 275.

Kalau dikalkulasi dengan surat suara cadangan maupun daftar pemilih khusus, ada kekurangan sekira 100 lembar surat suara. Pihaknya sudah mengusulkan ke KPU pusat. Andai saja tidak terpenuhi, karena mepetnya waktu, Minanus menyatakan pemungutan suara tetap berlangsung hari Minggu. Ia memprediksi surat suara masih mencukupi.

Terkait honor kelompok penyelenggara pemungutan suara dan biaya pemungutan suara ulang, Minanus Suud menimpali baru diusulkan ke KPU pusat. Memang idealnya ada anggaran lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *