Flash News
No posts found

Pemilu Ulang Dibayangi Partisipasi Pemilih Turun

Logistik surat suara.

Logistik surat suara.

Pamotan – Panitia pemungutan suara (PPS) desa Sendangagung kecamatan Pamotan menghimbau warga di TPS 5 yang akan melangsungkan Pemilu ulang DPRD Kabupaten Rembang, hari Minggu (13 April 2014), untuk tetap menyalurkan hak suaranya. Meski merepotkan karena harus menyempatkan waktu lagi, namun hal itu merupakan sebuah konsekuensi ketentuan Undang Undang, ketika ada surat suara tertukar, maka pemungutan suara wajib diulang, berapapun jumlahnya.

Karmudi, ketua panitia pemungutan suara (PPS) desa Sendangagung Kec. Pamotan mengatakan pemilih di TPS 5 saat pencoblosan hari Rabu lalu, mencapai 243 orang. Sebagian berasal dari sebuah dusun pelosok, yang jaraknya lumayan jauh, sekira 1,5 kilo meter. Memang cukup banyak warga yang biasa pergi keluar daerah, menjadi kaum boro. Tapi rata rata masih berada di rumah, sehingga diyakini tetap akan menggunakan hak suaranya.

Karmudi menambahkan logistik Pemilu ulang, seperti kotak, bilik dan surat suara disimpan di rumah salah satu anggota PPS. Menurutnya keamanan terjamin, apalagi sering disambangi aparat TNI dan polisi.

TPS 1 desa Mbamban Kec. Pamotan juga akan melangsungkan Pemilu ulang. Di TPS ini terdaftar 275 orang pemilih. Kepala Desa Mbamban, Sudadi menuturkan ada sekira 8 orang warga terlanjur pergi merantau ke Surabaya, sehingga kemungkinan partisipasi pemilih menurun.

Mengenai kemungkinan tim sukses Caleg maupun partai politik akan kembali melakukan aksi bagi bagi uang kepada pemilih, untuk merusak peta perolehan suara, ketua Panitia Pengawas Pemilu kabupaten Rembang, Mukhlis Ridho menganggap tetap rawan terjadi di 8 TPS yang akan melakukan Pemilu ulang. Maka pengawas pemilu lapangan diminta terus memantau, agar nantinya tidak memancing gesekan.

Sementara itu Kepala Bagian Operasional Polres Rembang, Kompol Tri Wisnugroho menjelaskan perkuatan personel polisi ditambah, untuk mengamankan jalannya Pemilu ulang di kecamatan Sulang, Pamotan dan Pancur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *