Flash News
No posts found

Golkar Terpukul, Demokrat Rela Kursi Ketua DPRD Copot

Suasana rekap suara manual ditingkat PPK Kec. Rembang Kota, Senin pagi.

Suasana rekap suara manual ditingkat PPK Kec. Rembang Kota, Senin pagi.

Rembang – Pasca Pemilu Legislatif, peta perolehan kursi DPRD Rembang mulai bisa tergambar.

Diperkirakan PPP menjadi pemenang, dengan merebut 10 kursi, disusul partai Demokrat 8 kursi, PKB 6 kursi, PDI Perjuangan dan Gerindra sama sama menggondol 5 kursi, Golkar dan Nasdem masing masing 3 kursi, Hanura dan PAN berbagi sama 2 kursi, serta PKS diprediksi hanya mampu menduduki 1 kursi.

Yang tampak mencolok adalah turunnya kursi partai Golkar. Dalam Pemilu tahun 2004 mendapatkan 10 kursi, kemudian turun menjadi 8 kursi di tahun 2009 dan terjun bebas pada Pemilu tahun 2014, hanya memperoleh 3 kursi. Itupun masih dipegang figur figur lama, yakni Catur Winanto, Gatot Paeran dan Ismari.

Gatot Paeran menduga ada beberapa penyebab kondisi tersebut. Semisal kerja sama antar Caleg diinternal partai kurang solid. Selain itu, kekosongan jabatan ketua partai yang sempat terjadi, beberapa waktu lalu, juga ikut mempengaruhi.

Pelaksana harian Ketua DPC Partai Demokrat Kab. Rembang, Gunasih mengatakan semula pihaknya menargetkan 10 kursi, tetapi meleset hanya 8 kursi. Sebagian besar yang jadi kembali merupakan muka muka lama. Mereka adalah Sunarto, Edi Kartono, Gunasih, Islahudin, Imroatus Solihah, Harno, Mugiarto dan Hikmah Purnamawati. Ia memperkirakan ketiadaan Bupati Rembang yang juga Ketua DPC, Moch. Salim, sangat berdampak besar. Hal itu terasa dari sisi dukungan moral dan keuangan.

Karena kalah bersaing dengan PPP, Gunasih mengaku kemungkinan besar posisi kursi ketua DPRD yang semula dipegang Demokrat, akan jatuh ke tangan PPP. Menurutnya, Demokrat harus realistis menduduki wakil ketua DPRD.

Sementara itu Caleg dari Partai Gerindra, Puji Santoso mengutarakan partainya mampu menggondol 5 kursi, tersebar di daerah pemilihan Rembang kota, Lasem – Pancur, Sedan Sarang, Pamotan Sale dan Dapil Sumber – Kaliori. Soal membidik posisi wakil ketua DPRD, partainya tentu harus berhitung dengan PDI Perjuangan, siapa yang mampu meraup suara terbanyak.
Hanya saja perkiraan perolehan kursi, baru resmi disahkan, setelah KPU Kabupaten Rembang selesai melakukan rekap suara manual ditingkat kabupaten, antara tanggal 19 – 21 April 2014.

Sampai hari Senin, proses rekap suara masih banyak ditingkat panitia pemilihan kecamatan. Ada sejumlah kecamatan belum selesai merekap, diantaranya Sumber, Bulu, Sulang, Kragan dan Sarang.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *