Flash News
No posts found

“Jangan Senang Dulu, Caleg Pemenang Bisa Dibatalkan Karena..”

Komisioner KPU Kab. Rembang, M Salam menunjukkan contoh formulir laporan dana kampanye, Senin pagi (14/04).

Komisioner KPU Kab. Rembang, M Salam menunjukkan contoh formulir laporan dana kampanye, Senin pagi (14/04).

Rembang – Bagi calon legislatif yang telah meraih kemenangan, diminta jangan berpesta pora dulu, karena ada satu pekerjaan penting, yang bisa membatalkan mereka sebagai peserta Pemilu, kalau tidak dijalankan. Tugas itu Yakni menyerahkan laporan akhir dana kampanye.

Komisioner KPU Kab. Rembang, M. Salam menjelaskan laporan terdiri dari 3 bagian utama, masing masing tentang sumbangan dana kampanye, laporan penerimaan dan pengeluaran, serta catatan penerimaan dan pengeluaran dana kampanye yang dilakukan Caleg, masing masing partai politik peserta Pemilu.

Pihaknya mengingatkan masalah tersebut, karena sesudah Pemilu Legislatif, belum ada pengurus partai politik yang datang ke Sekretariat KPU, untuk berkonsultasi. Meski hal itu beberapa kali pernah disosialisasikan, ia khawatir Caleg peraih kursi lupa, karena terlalu menikmati euphoria kemenangan.

Menurutnya, laporan akhir dana kampanye harus sudah diserahkan kepada KPU Kab. Rembang, paling lambat tanggal 24 April 2014 pukul 06 petang. Jika sampai hari itu belum diterima, otomatis Caleg pemenang akan langsung dibatalkan sebagai peserta Pemilu.

Berdasarkan data di Komisi Pemilihan Umum Kab. Rembang, pengeluaran dana kampanye terbesar diduduki Partai Gerindra, nilainya mencapai Rp 672 juta lebih, sedangkan pengeluaran terkecil Partai Bulan Bintang, sekira Rp 121 juta.

Lebih lanjut M. Salam menegaskan KPU Kabupaten tidak mempunyai kewenangan menentukan kevalidan laporan dana kampanye. Tapi akuntan publik dan masyarakat yang bisa menilai besaran angka, apakah partai politik jujur atau berbohong.

1 Komentar

  1. RORO

    BAGAIMANA DENGAN PEMENANG PEMILU. TAPI SELAMA KAMPANYE DIKETAHUI MELAKUKAN PELANGGARAN SEPERTI PENGGUNAAN FASILITAS NEGARA. APA BISA DIBATALKAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *