Flash News
No posts found

Sarana Penunjang Minim, Pemerintah Sulit Bergerak

Seorang peziarah berada di makam RA Kartini, belum lama ini.

Seorang peziarah berada di makam RA Kartini, belum lama ini.

Rembang – Warga desa Bulu Kec. Bulu meminta pemerintah kabupaten Rembang lebih menghidupkan paket wisata Kartini, agar tidak terkesan monoton dan menarik wisatawan dari luar daerah maupun mancanegara.

Rusmiati Sanyoto, warga desa Bulu menjelaskan periode tahun 2000 an lalu dengan sekarang, sangat jauh berbeda. Kala itu rombongan peziarah penuh sesak, bahkan jalan raya Rembang – Blora dipadati parkir mobil. Tapi kini lambat laun kian sepi. Andai saja pada tanggal 21 April tidak ada kegiatan perkemahan pelajar, mungkin lokasi sekitar makam akan terasa seperti hari hari biasa.

Menurut Rusmiati, paket wisata bukan sekedar mengandalkan museum dan makam RA Kartini saja. Tapi perlu penambahan sarana penunjang. Ia mencontohkan wisatawan yang berada di desa Bulu, biasanya memilih cepat cepat balik, karena warung makan besar belum ada. Di dekat makam, terdapat kolam, cocok untuk rumah makan berkonsep pemancingan. Begitu juga tempat bermain untuk anak anak, beberapa kali masyarakat mengusulkan, tidak kunjung terealisasi. Maka penambahan fasilitas, perlu menjadi bahan pemikiran.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda Dan Olahraga Kab. Rembang, Sunarto menjelaskan peran sekolah cukup penting, mendorong generasi muda untuk mengenali lebih dalam tokoh pahlawan emansipasi wanita. Salah satunya dengan berziarah ke makam RA Kartini.

Sedangkan pengembangan fasilitas, Sunarto membenarkan luas lahan di kawasan makam masih luas. Tapi instansinya tak bisa leluasa menentukan program, karena musti dikoordinasikan dulu dengan keluarga RA Kartini.

Meski demikian, Sunarto mempersilahkan jika ada pelaku pelaku bisnis membuka usaha di luar kompleks makam.

Nantinya bisa saling bersinergi, untuk memajukan kepariwisataan, sekaligus memberdayakan masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *