Flash News
No posts found

Tembus Belanda Dan Filiphina, 1 Gagal Karena Tanda Tangan

Dari kiri ke kanan, Wahyu, Siti Warsilah dan Anis Purwanti. (gambar atas) Anis Purwanti saat berada di Belanda.

Dari kiri ke kanan, Wahyu, Siti Warsilah dan Anis Purwanti. (gambar atas) Anis Purwanti saat berada di Belanda.

Rembang – Sejumlah pemuda dari pelosok pedesaan di kabupaten Rembang, bisa berangkat ke luar negeri, untuk mengikuti pertukaran pemuda antar kedua negara. Bagaimana profil mereka ? kami hadirkan dalam laporannya berikut ini.

Yang pertama adalah Anis Winarti, seorang pegawai lautbonang.com asal desa Sendangcoyo Kec. Lasem. Anis belum lama ini berangkat ke Belanda, menjadi peserta pertukaran pemuda yang diprakarsai Plan dan rekanannya, Magistra Utama.

Anis mengaku berada di negeri kincir angin selama hampir seminggu. Misinya adalah menceritakan kesetaraan gender dan perlindungan anak di Indonesia. Saat kegiatan bursa kerja di gedung Balai Kartini Rembang, hari Kamis (24 April 2014), Anis membagikan pengalamannya. Termasuk bagaimana tips agar menjadi anak muda yang pantang menyerah, meski berasal dari keluarga tidak mampu.

Beda lagi Siti Warsilah, gadis asal desa Rendeng Kec. Sale. Ia berangkat ke Filiphina bersama dengan pendamping Magistra Utama. Menurutnya tak terbayang bisa keluar negeri, menambah teman dari berbagai negara.

Kisah lainnya datang dari pemuda desa Dadapan Kec. Sedan, Wahyu Zainur Roziqin. Dulu ia pernah bekerja sebagai kuli bangunan di Surabaya, seusai lulus SMA. Begitu pulang Rembang, mencoba mengikuti program pelatihan yang diadakan Magistra Utama, hingga akhirnya bekerja di PT Alvaria Semarang, bergerak dalam usaha mini market.

Lucas Kristian, manajer program pemberdayaan kaum muda Plan Internasional Indonesia Rembang menjelaskan Wahyu Zainur Roziqin sebenarnya juga akan berangkat ke Belanda bersama Anis Winarti. Sayangnya tanda tangan ayah Wahyu, berbeda antara KTP dengan pengurusan visa paspor, mengakibatkan paspor tidak bisa diterbitkan. Wahyupun batal berangkat, hanya persoalan administrasi.

Lucas sengaja membeberkan cerita ketiga pemuda tersebut, untuk menambah semangat pelajar yang berniat mencari pekerjaan.
Menurut Lucas, dalam bursa kerja kali ini tersedia 1.600 lowongan, tersebar di 25 tempat usaha. Sampai Kamis siang, kuota belum terpenuhi. Menariknya, lowongan bisa diisi oleh lulusan SD hingga SMA.

1 Komentar

  1. penginapan dekat bns

    Wow, great blog site data format! How lengthy are you currently blogging and site-building to get? you earn running a blog look straightforward. The entire appearance of one’s website is fantastic, while neatly because the information!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *