Flash News
No posts found

Siap Ditalangi Rp 1 M Per Hari, Lelang Cash Gagal

Aktivitas lelang ikan di TPI Tasikagung Rembang.

Aktivitas lelang ikan di TPI Tasikagung Rembang.

Rembang – Kalangan nelayan mendesak Dinas Kelautan Dan Perikanan Kab. Rembang, untuk mengatur lebih tegas masalah pembayaran lelang ikan oleh bakul yang sering menunggak. Untuk mengatasi masalah tersebut, mereka ingin supaya klausul itu dimasukkan ke dalam perubahan Perda tentang pengelolaan tempat pelelangan ikan (TPI).

Tokoh nelayan Kragan, Muslim menjelaskan batasan maksimal pembayaran lelang dari bakul selama ini tidak dirinci bagaimana tekhnisnya, sehingga nelayan harus menunggu uang cair sampai seminggu atau bahkan lebih. Nelayan pula yang dirugikan. Di dalam Perda hanya mengatur tentang kewajiban bakul membayar uang retribusi, sekaligus ancaman pidana kalau melanggar. Begitu sudah melunasi retribusi, mereka seperti berlindung dibalik itu. Maka pihaknya mendorong ketentuan lelang ikan cash ditambahkan ke dalam revisi Perda, agar kedepan pembayaran menjadi lebih tertib.

Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan Kab. Rembang, Suparman mengakui molornya pembayaran lelang ikan dari bakul merupakan warisan lama yang susah diatasi. Pihaknya pernah menyusun lelang cash dan akan diujicobakan di TPI Tasikagung, bekerja sama dengan perbankan. Sebuah bank siap menyediakan dana talangan, Rp 1 miliar per hari, untuk membayar lelang ikan. Tapi setelah bakul dikumpulkan, sebagian diantaranya beralasan tidak mempunyai agunan, sehingga rencana tersebut belum terealisasi. Pada dasarnya Pemkab mendukung gagasan lelang cash, kapasitasnya sebatas memfasilitasi, sedangkan bakul yang harus turun menyiapkan jaminan.

Sementara itu Ketua Badan Legislasi DPRD Rembang, Puji Santoso menyampaikan rencana pembahasan revisi Perda pengelolaan TPI, baru akan berlangsung bulan Juni mendatang. Soal kemungkinan penambahan pasal, tentu harus dibahas lebih lanjut dengan instansi terkait dan kelompok nelayan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *