Flash News
No posts found

Modin Tertangkap Mencuri, Berawal Dari Jejak Ban

Barang bukti truk dan kayu diamankan di Mapolres Rembang.

Barang bukti truk dan kayu diamankan di Mapolres Rembang.

Gunem – Seorang perangkat desa Pasucen Kec. Gunem tertangkap petugas patroli hutan, karena diduga terlibat dalam pencurian kayu jati, baru baru ini.

Tersangka yakni Sapuan, sehari hari berprofesi sebagai Kaur Kesra atau modin desa Pasucen. Semula, petugas patroli mencurigai adanya bekas ban truk di petak 45 Resort Pemangkuan Hutan Trembes, BKPH Demaan KPH Mantingan. Setelah ditelusuri, ternyata benar ada truk membawa 18 batang kayu jati curian dan gergaji alat pemotong kayu.

Sebelumnya ada 5 orang tersangka, tapi dalam penyergapan, hanya Sapuan yang tertangkap. 4 orang lainnya berhasil kabur.

Wakil Administratur Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Mantingan, M Rizqon menjelaskan seluruh barang bukti dilimpahkan kepada Polres Rembang. Pihaknya juga tengah berkooordinasi dengan polisi, untuk menyelidiki keberadaan tersangka yang melarikan diri. Rizqon menimpali jati curian berukuran lumayan besar, kemungkinan untuk bahan kusen kusen rumah. Menurutnya lembaga masyarakat desa hutan (LMDH) Pasucen termasuk aktif, tapi memang tidak bisa menjamin akan terbebas dari aksi pencurian.

Sementara itu, Kepala Desa Pasucen Kec. Gunem, Salamun ketika dikonfirmasi hari Selasa (06 Mei 2014) mengaku belum ada rencana memberhentikan Sapuan, karena harus menunggu perkembangan proses hukum. Untuk sementara tugas tugas Kaur Kesra digantikan oleh perangkat desa lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *