Flash News
No posts found

Mirip Kandang Ayam, Inilah Model Penanganan Jalan Rusak

Jalan dipagari bambu, sebelah barat desa Pondokrejo Kec. Bulu.

Jalan dipagari bambu, sebelah barat desa Pondokrejo Kec. Bulu.

Bulu – Petugas Dinas Pekerjaan Umum Kab. Rembang terpaksa turun tangan membuat pagar terbuat dari bambu, di jalan raya penghubung Sulang – Sumber, tepatnya sebelah barat desa Pondokrejo Kecamatan Bulu.

Jalan tersebut longsor selama 2 tahun lebih, tetapi sampai sekarang tak kunjung ditangani serius. Akibatnya setelah turun hujan deras, semakin tergerus longsor dan tinggal menyisakan jalan beraspal selebar 2 meter. Sering kali ada pengendara sepeda motor terjatuh, tidak menyadari longsoran tanah meluas.

Wajiyo, seorang warga setempat mendukung pemasangan pagar bambu mirip kandang ayam, sebelum jatuh korban jiwa. Setidaknya bisa menjadi pembatas yang lebih jelas, terutama pada malam hari. Ia enggan terlalu bergantung dengan pemerintah kabupaten Rembang, karena kesannya sekarang ini pemerintah tidak mempunyai program skala prioritas dalam memperbaiki jalan rusak.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kab. Rembang, Rahardjo sebelumnya menyampaikan proyek pemeliharaan dan peningkatan jalan akan dimulai tahun ini. Masyarakat musti bersabar, karena melewati tahapan lelang yang terkadang memakan waktu agak lama. Soal jalan longsor akibat bencana alam, sempat dikaji penggelontoran dana tak tersangka. Lantaran ada sejumlah persyaratan, sehingga tetap memanfaatkan penganggaran melalui APBD.

Sementara itu Gunasih, dari Komisi Bidang Pembangunan DPRD Rembang mendorong supaya ruas jalan longsor didahulukan penanganannya, karena menyangkut keselamatan transportasi. Kalau benar benar putus, justru beban pembiayaan akan bertambah berat.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *