Flash News
No posts found

Kaliori Dikepras, Sarang Pemain Baru

Seorang petani tembakau di Kec. Sulang, mengecek tanamannya, beberapa waktu lalu.

Seorang petani tembakau di Kec. Sulang, mengecek tanamannya, beberapa waktu lalu.

Rembang – Luas lahan tembakau di kabupaten Rembang tahun 2014 ini bertambah luas. Jika pada tahun sebelumnya sekira 2 ribu hektar, maka periode sekarang sudah mencapai 2.500 hektar.

Ketua Asosiasi Petani Tembakau Kab. Rembang, Maryono menjelaskan dari luas lahan tersebut, hanya kecamatan Kaliori saja yang mengalami pengurangan. Hal itu setelah ada evaluasi hasil panen tembakau di kecamatan Kaliori kurang memuaskan, karena diduga kondisi tanahnya tidak begitu mendukung untuk pengembangan tanaman tembakau. Sedangkan kecamatan yang luasnya ditambah, meliputi kecamatan Sulang, Bulu dan Sumber. Khusus kecamatan Sarang, termasuk pemain baru, setelah resmi bergabung dengan rekanan perusahaan PT Sadana Arif Nusa. Sebenarnya menjelang masa tanam, jumlah usulan dari petani seluas 3 ribuan hektar, tapi ada 500 an hektar yang akhirnya dicoret, lantaran dianggap tidak memenuhi syarat.

Maryono menambahkan musim tanam tahun lalu, petani menghadapi perubahan cuaca ekstrem, tetapi tahun ini diramalkan lebih bersahabat. Semakin banyak intensitas cuaca panas, diharapkan mampu mendongkrak hasil panenan, sekaligus mengangkat harga.

Pelaksana Tugas Bupati Rembang, Abdul Hafidz mengatakan prospek tanaman tembakau kedepan cukup menjanjikan. Jika selama ini banyak petani mengeluh kekurangan modal, ia menyarankan untuk membentuk kelompok, sehingga beban menjadi lebih ringan. Pemerintah kabupaten akan memfasilitasi pembinaan petani dan menyalurkan bantuan sarana pra sarana penunjang.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *