Flash News
No posts found

Berawal Dari Susah, Warga Panjunan Gelar Pemilu

Seorang pemilih ketua RT memasukkan surat suara ke dalam kotak, Minggu pagi.

Seorang pemilih ketua RT memasukkan surat suara ke dalam kotak, Minggu pagi.

Rembang – Warga Panjunan Kelurahan Kutoharjo Rembang, hari Minggu (18 Mei 2014) menggelar pemilihan umum, termasuk satu satunya di kabupaten Rembang. Bukan mencoblos calon legislatif atau justru lebih dulu memilih pasangan presiden dan wakil presiden ?

Ternyata warga di lokasi ini, tengah melangsungkan Pemilu untuk memilih ketua RT 02 RW 03, yang kosong sejak awal Mei lalu. Seperti layaknya Pemilu, warga menyerahkan surat undangan kepada panitia pelaksana, kemudian mencoblos di meja berfungsi sebagai bilik dan terakhir memasukkan surat suara ke kotak suara.

Marsudi, tokoh warga setempat mengatakan cara pemilihan ketua RT dengan sistem tersebut sudah kali keempat. Berawal dari masalah klasik, susahnya mencari ketua RT, karena sebagian besar warga menolak. Selain faktor kesibukan pekerjaan sehari hari, posisi ketua RT dianggap mengemban tanggung jawab lumayan berat.

Maka masyarakat sepakat setiap dasa wisma (Dawis) menunjuk satu calon ketua RT, diusung dalam bursa pemilihan. Karena ada 5 Dawis, sehingga muncullah 5 orang calon, masing masing Eko Sulistyo, Sigit Winarno, Suhartono, Bambang Sugeng Sarwono dan Luthfi. Kalau Pemilu Caleg, marak terjadi persaingan tidak sehat, dengan pembagian uang guna menarik simpati pemilih, tapi tidak demikian halnya dengan pemilihan Ketua RT. Semua murni diserahkan pada hati nurani pemilih, yang berjumlah 100 orang.

Lurah Kutoharjo Rembang, Purwono menjelaskan dari 9 RT di Kelurahan Kutoharjo, baru RT 02 RW 03 yang menerapkan cara tersebut. Pihaknya mengundang pengurus RT lain, untuk melihat langsung proses pencoblosan, karena layak dicontoh.

Memang jabatan ketua RT ibarat kerja sosial. Mereka tidak memperoleh honor, apalagi bengkok tanah garapan. Namun sangat strategis membantu kinerja pemerintahan.

Usai penghitungan suara, Suhartono dari Dawis III menjadi pemenang, dengan meraih suara sebanyak 59. Purwono berharap ketua RT yang terpilih menerima amanah masyarakat.
Kalau sejak awal niat mengabdi, ia yakin rentang waktu selama 3 tahun, tak terasa akan terlampaui.

2 Komentar

  1. Loren

    This is way better than a brick & mortar estahlisbment.

  2. Oluyemi

    Nu e4r du inte “bara” Andrea, nu e4r du ne5gons mamma. Den allra viktigaste pereonsn ff6r ne5gon alldeles speciell. Det c4R stort.Kram fre5n Malmf6

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *