Flash News
No posts found

100 Lebih Ijazah Menumpuk, Derita Siswa Miskin

Establish sekolah SMK YPI Rembang.

Establish sekolah SMK YPI Rembang.

Rembang – 100 buah lebih ijazah lulusan SMK YPI Rembang menumpuk di sekolah, karena mereka masih menunggak sumbangan pengembangan pendidikan (SPP), sehingga ijazah belum bisa diambil.

Salah satu kendala itu yang dibeberkan oleh Kepala Sekolah SMK YPI Rembang, Arif Purwanto saat berkunjung ke redaksi radio R2B, Jumat siang (23 Mei 2014). Ia datang untuk mengklarifikasi bahwa pihaknya tidak memungut biaya ujian nasional, tapi hanya terjadi kesalahpahaman.
Sekolah telah melakukan berbagai upaya, agar kegiatan belajar mengajar berjalan. Ijazah bukan berarti ditahan, lulusan tetap menerima legalisir copyan ijazah, untuk melamar pekerjaan. Ketika mendapatkan penghasilan, siswa baru mengangsur tunggakan.

Arif memperinci tunggakan siswa, mulai uang SPP maupun uang gedung, dari yang sudah lulus maupun belum, mencapai Rp 250 juta. Saat ini dana bantuan operasional sekolah (BOS) masih mampu membantu meringankan. Khusus untuk membayar honor 36 orang guru masih kebingungan, karena sumbernya dari SPP.

Pria asal desa Kemadu Kec. Sulang ini menambahkan, 250 siswa SMK YPI hampir seluruhnya berasal dari keluarga tidak mampu.

Tahun 2013 lalu, pemerintah berencana mencairkan bantuan sekolah gratis, masing masing setiap anak memperoleh Rp 450 ribu dan bantuan siswa miskin (BSM). Syaratnya, siswa harus mempunyai nomor rekening. Waktu itu sekolah membantu mengurus rekening, dengan membuat buku tabungan, saldo awal Rp 50 ribu. Tapi kenyataannya sampai sekarang, dana belum cair. Ia berharap pemerintah pada tahun anggaran berikutnya menepati janji.

Lalu bagaimana masa depan sekolah ? Ia memastikan SMK YPI akan bertahan. Bahkan ketika mulai membuka pendaftaran peserta didik baru, masyarakat masih memberikan kepercayaan. Syukur syukur apabila kelak ada donatur bersedia membantu, demi memperjuangkan nasib siswa dari keluarga tidak mampu.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *