Flash News
No posts found

Bermasalah, Dari TNI Hingga Gangguan Jiwa

Seorang warga desa Sumberejo Rembang mencermati daftar pemilih dalam DPSHP Pilpres, Minggu pagi (25 Mei 2014).

Seorang warga desa Sumberejo Rembang mencermati daftar pemilih dalam DPSHP Pilpres, Minggu pagi (25 Mei 2014).

Rembang – Panitia Pengawas Pemilu Kab. Rembang menemukan 2.601 pemilih bermasalah, seusai pengumuman daftar pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) Pemilu Presiden dan Wakil Presiden.

Rinciannya, pemilih sudah meninggal dunia 632 orang, menderita gangguan jiwa 19 orang, dibawah umur 17 tahun sebanyak 5 orang, pindah alamat 405, anggota TNI 5, salah tulis 833, tidak ada orangnya 8 dan pemilih ganda 55. Selain itu masih ada sekira 639 orang, disinyalir belum terdaftar dalam DPSHP.

Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kab. Rembang, Mukhlis Ridho mengatakan pihaknya menemukan data tersebut, setelah pengawas pemilu lapangan (PPL) mengecek pengumuman DPSHP oleh masing masing panitia pemungutan suara ditingkat desa. Ia khawatir masih ada oknum PPS enggan mencocokkan dan meneliti daftar pemilih tetap Pemilu Legislatif lalu, yang sekarang menjadi daftar pemilih sementara Pemilu Presiden.

Mukhlis Ridho menimpali masyarakat cenderung acuh tak acuh, untuk mencermati apakah namanya sudah tercantum dalam daftar pemilih sementara hasil perbaikan atau belum. Apalagi sudi mengkritisi, manakala menjumpai pemilih yang tidak memenuhi syarat. Selain pengawasan digiatkan, mustinya penyelenggara Pemilu juga lebih rajin turun ke bawah, termasuk memperbanyak pengumuman daftar pemilih di tempat tempat strategis. Ia menambahkan hasil temuan Panwaslu akan direkomendasikan kepada KPU setempat, hari Senin besok.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab. Rembang, Minanus Su’ud menanggapi rekomendasi Panwaslu biasanya diterima lebih dulu oleh PPS dan panitia pemilihan kecamatan, sehingga langsung direvisi.

Perbaikan akan terus berlangsung, sampai masuk rekapitulasi dan penetapan pemilih di tataran kabupaten, antara tanggal 3 – 4 Juni mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *