Flash News
No posts found

Aroma Ketagihan Di Pantai Caruban

Semilir pohon cemara dan sensasi matahari tenggelam di pantai Caruban Lasem.

Semilir pohon cemara dan sensasi matahari tenggelam di pantai Caruban Lasem.

Lasem – Kerja keras warga desa Gedongmulyo Kec. Lasem menghijaukan pinggir pesisir pantai Caruban, mulai membuahkan hasil. Pantai tersebut kini semakin asri, karena cemara laut yang ditanam sejak dua tahun lalu, tumbuh subur.

Suroto, seorang warga desa Gedongmulyo menuturkan tinggi cemara sudah mencapai 2 – 3 meter. Karena dianggap cocok, masyarakat baru baru ini kembali menanam 2 ribuan bibit cemara laut, untuk menggantikan tanaman yang mati akibat tergulung ombak. Menurutnya ketika musim ombak baratan, gelombang laut cukup besar. Bahkan sampai menghanyutkan pohon cemara dan dinding warung di pinggir pantai.

Tapi setelah akar cemara dipastikan kuat, harapannya dampak buruk erosi pantai akan mampu ditekan.

Suroto menambahkan selain cemara laut, pinggir pantai juga cocok ditanami pohon ketapang. Yang penting kondisinya hijau, supaya pengunjung tidak kepanasan dan mau berlama lama menikmati keindahan pantai Caruban. Ia berharap kedepan dikaji adanya talud penahan gelombang, untuk melindungi tanaman. Asalkan posisinya tepat dan tidak mengganggu wisatawan mandi.

Soal kemungkinan talud, ia menganggap sebaiknya ditangani oleh pemerintah. Sedangkan dana program nasional pemberdayaan masyarakat (PNPM) Pariwisata yang biasanya diberikan ke desa Gedongmulyo, bisa untuk kepentingan lain, semisal memperbaiki akses jalan masuk menuju pantai maupun menambah sarana pra sarana penunjang lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *