Flash News
No posts found

Penuh Luka, Penyelamatan Berlangsung Dramatis

Ikan lumba lumba.

Ikan lumba lumba.

Lasem – Seekor ikan lumba lumba sepanjang 2 meter, terdampar di pinggir pantai antara desa Dasun dan Tasiksono Kec. Lasem. Kondisi ikan tersebut mengalami luka luka di sekujur tubuhnya, karena berulang kali membentur batu karang.

Marzuki, seorang warga yang berada di dekat lokasi mengungkapkan semula ada nelayan mengira sesosok anak tenggelam. Begitu dicek ternyata ikan lumba lumba, nelayan sempat mendorong ikan agak ke tengah. Tapi akhirnya kembali lagi terdampar di pinggir pantai. Senin sore, datang petugas Dinas Kelautan Dan Perikanan Kab. Rembang. Setelah mereka berkoordinasi dengan dokter hewan, ikan lumba lumba dirawat sebentar, kemudian dinaikkan ke atas perahu menggunakan kain selimut, untuk dibawa menuju tengah laut, mencari lokasi yang dalam. Ikan akhirnya dilepas, sambil terus diawasi pergerakannya. Proses tersebut berlangsung sampai malam hari.

Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan Kab. Rembang, Suparman menuturkan karakter ikan lumba lumba, selalu hidup berkelompok. Kemungkinan tengah berpindah ke suatu tempat, namun ada yang terpisah.

Ia mengapresiasi kerja keras pegawainya, sehingga ikan lumba lumba selamat, bisa kembali ke habitat asli.

Bulan Juli tahun 2011 lalu, ikan lumba lumba sepanjang 2,5 meter juga pernah ditemukan nelayan, terdampar di sebelah barat desa Bonang Kec. Lasem. Karena terlambat mendapatkan pertolongan, ikanpun mati dan membusuk.

Suparman menghimbau masyarakat pesisir pantai untuk cepat melapor, agar pihaknya bisa datang memberikan pertolongan. Apalagi ikan lumba lumba termasuk spesies yang dilindungi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *