Flash News
No posts found

Jokowi – JK Direvisi, Prabowo – Hatta Tetap

Komisioner KPU Kab. Rembang, M. Salam menunjukkan formulir laporan dana kampanye, baru baru ini.

Komisioner KPU Kab. Rembang, M. Salam menunjukkan formulir laporan dana kampanye, baru baru ini.

Rembang – Tim kampanye pasangan Jokowi – Jusuf Kalla kabupaten Rembang memperbaiki laporan dana kampanye tahap pertama.

Semula mereka mencantumkan dana awal kampanye sebesar Rp 15 juta. Dana tersebut lebih dulu ada sebelum kampanye Pilpres. Usai berkonsultasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kab. Rembang, akhirnya menyesuaikan dengan pembukaan rekening pada hari pertama kampanye. Tim kampanye Jokowi – JK kemudian mengubah dana kampanye menjadi hanya Rp 200 ribu. Sedangkan tim kampanye pasangan Prabowo – Hatta sejak awal telah melaporkan dana kampanye tahap pertama sebesar Rp 888.888, tidak ada perbaikan.

Komisioner KPU Kab. Rembang, M. Salam mengatakan perubahan semacam itu tidak masalah. Yang terpenting penerimaan sumbangan tetap mematuhi aturan. Bantuan perorangan misalnya, dibatasi paling besar Rp 1 miliar, sedangkan untuk kalangan lembaga non pemerintah maksimal Rp 5 miliar.

M. Salam menambahkan tim kampanye nantinya juga harus melaporkan dana akhir kampanye. Antara pendapatan dan pengeluaran, semua dirinci. Paling lambat penyerahannya tanggal 18 Juli 2014. Setelah itu diperiksa oleh akuntan publik, untuk disimpulkan laporan tersebut patut atau tidak. Yang membedakan dengan Pemilu Legislatif lalu, pada Pilpres tidak ada aturan, pasangan calon yang menjadi pemenang bisa dibatalkan, apabila tidak melaporkan.

Dalam Pemilu Legislatif lalu di kabupaten Rembang, 12 partai politik tergolong tertib melaporkan laporan dana awal dan akhir kampanye. Meski tidak diimbangi sanksi, ia berharap tim kampanye Pilpres serius. Bagaimanapun laporan dana kampanye merupakan bentuk pertanggungjawaban kepada masyarakat.