Flash News
No posts found

Razia, Didominasi Muka Baru

Petugas Satpol PP Rembang merazia PGOT, Kamis pagi.

Petugas Satpol PP Rembang merazia PGOT, Kamis pagi.

Rembang – Tim gabungan Dinsosnakertrans dan Satpol PP Rembang, hari Kamis (26 Juni 2014), merazia 20 an orang pengemis, gelandangan dan orang terlantar (PGOT). Mereka terjaring di kawasan dalam kota Rembang, Lasem dan sekitar wilayah Sulang.

Kepala Seksi Penegakan Perda Satpol PP Rembang, Sudarno menjelaskan sebagian besar adalah muka muka baru, satu diantaranya anak anak. Mereka ada yang ngotot menolak dinaikkan ke dalam mobil, tapi setelah dibujuk petugas, baru mau dibawa ke kantor Dinsosnakertrans, Jalan Pemuda Rembang. Begitu sampai, PGOT dimandikan dan diberi pakaian bekas layak pakai. Setelah selesai pendataan, selanjutnya disalurkan menuju ke sejumlah panti.

Sudarno menambahkan Satpol PP terus mengantisipasi PGOT hasil buangan dari daerah lain. Biasanya menjelang bulan Ramadan dan Hari Raya Idul fitri, gelandangan maupun pengemis semakin marak. Hal itu diimbangi peningkatan razia masing masing daerah, namun sering kali kapasitas panti tidak mampu lagi menampung penghuni baru.

Menurutnya, menambah daya tampung panti dan meningkatkan program kepedulian bagi PGOT, adalah solusi. Akan lebih baik, masyarakat berperan aktif dalam menangani masalah sosial tersebut. Contohnya, belakangan muncul relawan yang mau merawat anak anak terlantar, hingga gelandangan psikotik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *