Flash News
No posts found

Cegah Kebingungan Umat, Petugas Datangi Radio

Petugas Badan Hisab Dan Rukhyat (BHR) Kabupaten Rembang memeriksa jam di studio Radio R2B Rembang, Jumat pagi.

Petugas Badan Hisab Dan Rukhyat (BHR) Kabupaten Rembang memeriksa jam di studio Radio R2B Rembang, Jumat pagi.

Rembang – Menjelang bulan suci Ramadhan, petugas Kementerian Agama Kab. Rembang, hari Jumat (27 Juni 2014) mendatangi studio radio di Rembang, untuk mencocokkan jam di masing masing studio dengan peralatan GPS. Piranti tersebut langsung terhubung dengan satelit, sehingga posisi jam sesuai aturan waktu Indonesia Bagian Barat, dijamin akurat. Selain itu, mereka juga membagikan jadwal Imsakiyah selama Ramadan, untuk wilayah kabupaten Rembang.

Petugas penyuluh agama Islam dari Kantor Kementerian Agama Kab. Rembang, Badrudin menjelaskan pihaknya memilih langsung datang ke radio, karena selama ini stasiun radio menjadi rujukan masyarakat, terutama ketika ingin mengetahui batas terakhir sahur dan menjelang berbuka puasa. Kalau jamnya tidak tepat, maka rawan menimbulkan kebingungan. Nantinya setiap 10 hari sekali, petugas Kemenag akan datang lagi, mencocokkan jam yang dipakai acuan siaran radio.

Badrudin menambahkan Kementerian Agama Kab. Rembang, juga menggelar kegiatan melihat hilal di pinggir pantai Binangun Kec. Lasem, Jumat sore, untuk menentukan hari pertama Ramadan. Hasil rukhyat di Rembang termasuk menjadi dasar pemerintah, dalam menetapkan awal puasa dan datangnya Hari Raya idul Fitri. Ternyata hilal tidak terlihat, langsung dilaporkan ke sidang Isbat di Jakarta.

Badrudin beralasan selama ini Pantai Binangun Lasem dipilih, karena lokasinya cukup strategis. Tapi sering kali ketika akan melihat hilal, terganggu percikan ombak. Beberapa tahun terakhir, sempat dipindah ke bukit desa Rakitan Kec. Sluke dan bukit sebelah selatan desa Pomahan Kec. Sulang. Setelah melakukan evaluasi, Kementerian Agama Kab. Rembang mengembalikan kegiatan rukhyat ke Pantai Binangun lagi.

Sebelumnya, Pengurus Pusat Muhammadiyah mengumumkan hari pertama puasa, jatuh pada Sabtu 28 Juni. Berbeda dengan keputusan pemerintah, yang menetapkan hari Minggu 29 Juni 2014. Meski demikian, kemungkinan besar lebarannya akan bersama sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *