Flash News
No posts found

Semakin Jatuh!!!

Separuh tanaman tembakau masih bagus, tapi sebagian besar lainnya rusak terendam air di desa Jadi Kec. Sumber.

Separuh tanaman tembakau masih bagus, tapi sebagian besar lainnya rusak terendam air di desa Jadi Kec. Sumber.

Sumber – Hujan deras dalam dua hari terakhir semakin menjatuhkan petani tembakau di sejumlah kecamatan.

Di desa Jadi Kec. Sumber misalnya, hamparan tembakau banyak yang rusak, karena terendam air. Begitu pula di Kec. Kaliori dan Kec. Sedan, mengalami nasib serupa. Biasanya tingkat kerusakan berada di lahan dataran rendah. Tanaman tembakau semula tumbuh cukup bagus, tetapi sekarang daunnya layu.

Muslih, seorang buruh garap lahan tembakau di dusun Bangker desa Sendangagung Kec. Kaliori menuturkan petani sebatas mengantisipasi dengan memperdalam saluran air. Tujuannya untuk memperlancar aliran air, agar tidak merendam tanaman tembakau.

Kepala Dinas Pertanian Dan Kehutanan Kabupaten Rembang, Suratmin mengakui curah hujan yang meningkat, memang diluar ramalan BMKG. Bahkan daerah diperingatkan waspada musim kemarau panjang, dampak dari El Nino.

Sejak awal pihaknya bersama PT Sadana Arif Nusa menyosialisasikan antisipasi cuaca ekstrem, seperti gulutan dan tata letak saluran air. Kalau petani benar benar menjalankan, setidaknya bisa mengurangi kerusakan tanaman. Suratmin menambahkan kalau cuaca seminggu kedepan panas, tembakau yang layu kemungkinan bisa pulih kembali.

Di kabupaten Rembang, saat ini luas tanaman tembakau mencapai 2.500 hektar. Paling banyak tersebar di tiga kecamatan, meliputi Kec. Sulang, Bulu dan Sumber. Mustinya sesuai perhitungan, panen raya tembakau berlangsung pada awal bulan Agustus mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *